Kram Menstruasi

Kram Menstruasi Tak Tertolong? Atasi dengan Sitz Bath!

Kram menstruasi kamu tak tertolong sakitnya? Mungkin kamu bisa mencoba metode Sitz Bath.

Featured-Image
Sits bath dapat mengatasi kram menstruasi. Foto: Youngoldman/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Kram menstruasi kamu tak tertolong sakitnya? Mungkin kamu bisa mencoba metode sitz bath. Apa itu?

Kram menstruasi sering dialami oleh banyak perempuan. Meskipun banyak yang mengandalkan obat penghilang rasa sakit, obat ini seringkali memiliki efek samping.

Namun, belakangan ini, sitz bath atau mandi sitz, yang juga dikenal sebagai mandi pinggul, menjadi terkenal karena manfaatnya yang beragam dan efek samping yang minimal.

Melansir Health (23/10), mandi sitz adalah pemandian air hangat dan dangkal yang Anda duduki untuk merendam anus dan area sekitarnya. Kata sitz sebenarnya berasal dari istilah Jerman sitzen yang artinya duduk.

Mandi sitz tidak hanya efektif untuk meredakan kram menstruasi, tetapi juga telah direkomendasikan untuk mengatasi rasa sakit pada kondisi seperti wasir, fisura anus, sembelit, prostatitis, dan pasca melahirkan melalui persalinan pervaginam atau persalinan normal. Mandi sitz dapat memberikan perubahan positif bagi banyak orang yang mengalami rasa sakit.

Ilustrasi Sitz Bath. Foto: Sam Edwards/istock photo
Ilustrasi Sitz Bath. Foto: Sam Edwards/istock photo

Melansir Stylecraze, mandi sitz adalah praktik merendam area perineum, termasuk vulva, anus, dan uretra, dalam air hangat yang menenangkan. Prosedur ini melibatkan pengisian bak dengan sedikit air hangat hingga beberapa inci, pastikan suhunya nyaman, dan merendam tubuh bagian bawah ke dalamnya, terutama panggul.

Disarankan untuk melakukan ini setidaknya tiga kali sehari, atau sesuai petunjuk dokter. Dokter juga mungkin meresepkan minyak atau obat tertentu untuk ditambahkan ke dalam air.

Bagaimana cara kerja Sitz Bath?
Cara kerja mandi sitz melibatkan efek panas dari air hangat yang dapat membuat otot-otot, khususnya sfingter, menjadi lebih rileks. Selain itu, prosedur ini meningkatkan aliran darah ke daerah perineum dan mengurangi rasa sakit.

Ini dapat mendukung proses penyembuhan dan mengurangi ketidaknyamanan, gatal, dan iritasi yang disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan. Dokter sering meresepkan obat untuk ditambahkan ke air hangat, membantu mengatasi infeksi dengan melawan bakteri patogen.

Alasan umum untuk mempertimbangkan penggunaan sitz bath meliputi:
Sits bath dapat meredakan sakit pasca operasi atau wasir. Foto: Prostock-Studio/istock photo
Sits bath dapat meredakan sakit pasca operasi atau wasir. Foto: Prostock-Studio/istock photo


-Baru saja menjalani operasi pada vulva atau vagina
-Baru saja melahirkan
-Baru-baru ini wasirnya diangkat dengan operasi
-Mengalami ketidaknyamanan akibat wasir
-Mengalami ketidaknyamanan saat buang air besar

Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat menggunakan mandi sitz. Orang tua harus selalu mengawasi anak-anaknya saat mandi sitz.

Dokter terkadang meresepkan obat atau bahan tambahan lain untuk dimasukkan ke dalam sitz bath. Contohnya adalah povidone-iodine yang memiliki sifat antibakteri.

Menambahkan garam Epsom, cuka, atau soda kue ke dalam air juga dapat menghasilkan larutan yang menenangkan. Banyak yang hanya menggunakan air hangat tanpa bahan tambahan apa pun.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan sitz bath:

Ilustrasi sitz bath untuk mengatasi berbagai keluhan. Foto: brizmaker/istock photo
Ilustrasi sitz bath untuk mengatasi berbagai keluhan. Foto: brizmaker/istock photo

1. Persiapkan perangkat sitz bath: Anda dapat menggunakan perangkat khusus sitz bath yang dapat ditemukan di apotek atau rumah sakit. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan mangkuk atau baskom yang cukup besar untuk menampung air hangat.

2. Isi dengan air hangat: Isi mangkuk atau perangkat sitz bath dengan air hangat. Suhu air sekitar 37-40 derajat Celsius umumnya dianggap nyaman. Anda juga bisa menambahkan garam epsom atau larutan yang diresepkan oleh dokter untuk meningkatkan efek terapeutik.

3. Duduk dalam air: Duduk perlahan-lahan ke dalam air hangat sehingga area panggul dan dubur benar-benar terendam. Lakukan ini selama sekitar 15-20 menit.

4. Pat-dry: Setelah selesai, pat-dry area tersebut dengan lembut menggunakan handuk bersih. Hindari menggosok area tersebut untuk menghindari iritasi.

Sitz bath dapat membantu mengurangi pembengkakan, meredakan nyeri, dan mempercepat proses penyembuhan.

Meskipun banyak orang menggunakan sitz bath di rumah untuk meredakan ketidaknyamanan, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan Anda terlebih dahulu, terutama jika Anda mengalami masalah kesehatan yang serius atau memiliki kondisi medis tertentu.

Editor
Komentar
Banner
Banner