Politik

Buka Lapangan Kerja, Pasangan Nomor Urut 1 SHM-MAR Tingkatkan Program UMKM

apahabar.com, BATULICIN – Calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1, Syafruddin H Maming (SHM) dan…

Featured-Image
Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1, Syafruddin H Maming (SHM) dan Muhammad Alpiya Rakhman (MAR). Foto: SHM-MAR

bakabar.com, BATULICIN – Calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1, Syafruddin H Maming (SHM) dan Muhammad Alpiya Rakhman (MAR) telah menyiapkan sederet program unggulannya untuk membangun Tanah Bumbu.

Duet pasangan muda itu bakal melanjutkan program-program unggulan yang telah digulirkan bupati sebelumnya, Mardani H Maming (MHM).

Cuncung panggilan Syafruddin H Maming menyatakan program unggulan yang fokus akan mereka lanjutkan bila terpilih nanti adalah Tri Dharma pembangunan dengan prioritas penggunaan APBD pada tiga sektor.

“Kita akan lanjutkan program unggulan Tri Dharma yakni bidang pendidikan gratis, kesehatan gratis dan infrastruktur yang lebih baik,” ujar Cuncung yang juga kakak MHM yang juga mantan bupati Tanah Bumbu 2 Periode, Selasa (6/10).

Selain itu kata Cuncung, dirinya bersama Alpiya juga akan meningkatkan program-program di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Dasar paling utama kita akan memfasilitasi UMKM terkait legalitasnya. Untuk pengurusan dan biaya legalitas akan kita bantu sepenuhnya melalui dana APBD,” ujar mantan anggota DPR RI ini.

“Kenapa legalitas yang utama, karena dengan legalitas bantuan-bantuan akan mudah disalurkan untuk mereka, khususnya bantuan dari pusat. Seperti BPOM, sertifikasi halal produk makanan, akte notaris, NPWP, dan lainnya,” jelas Cuncung.

Setelah mempunyai legalitas, kata Cuncung, UMKM juga akan diberi pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidang dan keahliannya.

“Kita akan laksanakan pelatihan-pelatihan yang lebih kreatif, seperti pengembangan pengolahan berbagai macam makanan,” jelas Cuncung.

Dengan berkembangnya UMKM itu nanti, maka secara otomatis akan membuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat.

“Kalau UMKM berkembang, secara otomatis lapangan kerja juga akan terbuka di masyarakat Bumi Bersujud,” pungkas Cuncung.

Komentar
Banner
Banner