Kalsel

BREAKING! Hari Pertama Lebaran, Sejumlah Desa di Haruyan HST Terendam Banjir

apahabar.com, BARABAI – Hari pertama Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, sejumlah desa di Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu…

Featured-Image
Air banjir mulai menggenangi di sejumlah daerah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tim BPBD HST pun langsung turun ke lokasi guna memantau debit air di Kecamatan Haruyan. Foto-Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Hari pertama Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, sejumlah desa di Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terendam banjir, Kamis (13/5) malam.

Banjir disebabkan luapan Sungai Loklaga Haruyan yang berhulu dari Pegunungan Hamak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di pegunungan dilaporkan sebagai pemicu meluapnya air sungai.

Berdasarkan informasi yang diterima bakabar.com, ketinggian air bervariasi, mulai dari semata kaki hingga mencapai lutut orang dewasa. Sejumlah rumah warga pun dilaporan ikut terendam.

Sejumlah desa yang terendam banjir tersebut di antaranya, Haruyan Seberang, Haruyan, Teluk Mesjid, Mangunang dan Pengambau Hulu.

Kalak BPBD HST, Budi Haryanto dikonfirmasi bakabar.com menyebutkan, daerah aliran sungai atau DAS di Haruyan ini mengalir ke Kecamatan Telaga Langsat yang berhulu dari dariGunungHamak di HSS.

“Infonyadari kalak BPBD HSS, Pak Samsudin.Kami berkoordinasi dan tim kami terjunkan ke lapangan,” kata Budi kepada bakabar.com melalui pesan WhatsApp.

Kenaikan debit air hingga menggenangi ruas jalan di beberapa desa itu, kata Budi terjadi sejak petang tadi.

“Informasi yang kami dapat dari warga, air mulai meluap ke jalan sekitar pukul 18.40,” ujar Budi kepada bakabar.com.

Saat ini, tim BPBD HST sudah turun ke lokasi banjir. Mereka memberikan imbauan agar tetap waspada dan berhati-hati.

“Saat ini arus sudah tidak begitu deras lagi. Semoga tidak ada hujan susulan di daerahatas atau dari DAS di hulu Hamak HSS,” tutup Budi.

Komentar
Banner
Banner