Bisnis

BPK Kerjasama dengan Korea Sepakati Program Sencondment

BPK membangun kerjasama dengan BAI Korea terkait rencana kedua institusi untuk saling mengirimkan data pemeriksa, Hal tersebut dalam rangka mengikuti secondment

Featured-Image
Logo Badan Pemeriksa Keuangan. Foto: Antara.

bakabar.com, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) membangun kerjasama dengan  Board of Audit Inspection (BAI) Korea terkait rencana kedua institusi untuk saling mengirimkan data pemeriksa. Hal tersebut dalam rangka mengikuti secondment pada masing-masing Supreme Audit Institution (SAI).

Topik secondment yang ditawarkan untuk pegawai BPK meliputi pemeriksaan pada organisasi internasional, penelitian metodologi dan kasus audit di BAI Research Institute. Pelatihan pengembangan kapasitas pemeriksaan internasional dan kasus audit di BAI Research Institute.

Baca Juga: Profil Nicke Widyawati, Dirut yang Terancam Dicopot Erick Thohir

"Kemudian juga pelatihan pengembangan kapasitas pemeriksaan internasional di Audit and Inspection Training Insititute (AITI) dan pelatihan mengenai BARON (BAI Audit Data Analysis Systems) dan metodologi teknologi informasi (IT) lainnya," kata Ketua BPK Isma Yatun dikutip dari Antara, Minggu (5/3).

Pertemuan itu merupakan salah satu implementasi dari kerja sama bilateral antara kedua lembaga pemeriksa atau SAI.

Mengutip lama beacukai.go.id, secondment merupakan penugasan dengan menempatkan pegawai dalam jangka waktu dan tujuan tertentu. Pegawai ditempatkan pada unit organisasi lain dengan tugas dan pengawasan yang berlaku dalam di tempat tersebut.

Baca Juga: Permudah Konektivitas, KAI Commuter Resmi Kelola Kereta Bandara

Isma menyampaikan bahwa pihaknya sudah berpengalaman menjadi auditor eksternal Badan Tenaga Atom Internasional atau International Atomic Energy Agenc (IAEA) dan Organisasi Maritim Internasional atau International Maritime Organization (IMO).

"Dengan pengalaman tersebut, BPK menyambut baik permintaan BAI Korea untuk melaksanakan secondment di BPK dalam pemeriksaan organisasi internasional,” ujar Isma.

BPK turut menyambut baik usulan BAI Korea untuk melakukan pertemuan MIKTA SAI (forum konsultatif antar 5 negara yaitu Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia) di sela-sela SAI20 Senior Officers Meeting (SOM) pada Maret 2023 di Goa, India.

Baca Juga: Bapanas Kejar Stabilisasi Pasokan dan Harga Beras 1,2 Juta Ton

"Hal ini menyikapi inisiatif untuk membentuk MIKTA SAI, di mana posisi Indonesia sebagai Ketua MIKTA di tahun 2023," kata Isma.

Pertemuan Ketua BPK dengan Ketua BAI Korea ditutup dengan kunjungan ke kantor AITI untuk membahas kemungkinan kerja sama terkait pendidikan dan pelatihan.

Editor


Komentar
Banner
Banner