Tak Berkategori

BPBD: Sampai April Tabalong dan Balangan Rawan Banjir

apahabar.com,BANJARMASIN – Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan memetakan sejumlah daerah rawan…

Featured-Image
Ilustrasi Banjr. Foto-banjarmasin.tribunnews.com

bakabar.com,BANJARMASIN – Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan memetakan sejumlah daerah rawan bencana, yakni Tabalong dan Balangan.

Pantauan BPBD, kedua wilayah itu diprediksi akan terjadi banjir di pengujung 2018 ini. Adapun dua wilayah rawan banjir ini, antara lain di Kecamatan Ara, Kabupaten Tabalong dan Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan.

Serupa, untuk Kabupaten langganan banjir lainnya, yakni Tanah Bumbu. Ia mengatakan wilayah penghasil batu bara dan minyak sawit tadi biasanya banjir pada akhir musim hujan.

Ia juga mengatakan tak menutup kemungkinan terjadi musibah dadakan saat musim hujan ini di daerah lain di luar tiga daerah tadi.

Baca Juga: BPBD Siap Antisipasi Bencana

“Tanah Bumbu ini di akhir musim hujan sekitar bulan April, baru mengalami banjir,” terangnya saat dihubungi, bakabar.com, Kamis (29/11).

Pihaknya memperkirakan jadwal musim hujan disertai angin ribut akan terus meningkat sampai April 2019 mendatang.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat Kalsel untuk tidak membuang sampah dan membersihkan sampah-sampah yang ada di saluran air. Penyebab pertama musibah banjir ini kata dia salah satunya sampah yang tersumbat di selokan.

“Bersihkan-lah sampah disaluran air. Jadi apabila tidak dibersihkan wilayah lain yang tidak banjir menjadi banjir,” katanya.

Selanjutnya, apabila air sudah mencapai ketinggian rumah, imbauan yang diberikan adalah meninggalkan tempat tinggal tersebut dan percayakan kepada pihak keamanan setempat.

Selanjutnya, ia juga mengatakan bahwa tempat listrik seperti colokan segera langsung dilepas atau dipadamkan.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner