Banjarmasin Hits

BPBD Banjarbaru Suplai Air Gratis ke Warga Terdampak Kekeringan

Warga Banjarbaru terdampak kekeringan kini dapat bernapas lega, pasalnya BPBD mulai mensuplai air bersih gratis per Selasa (29/8) hari ini.

Featured-Image
Sumur warga di Guntung Manggis surut/ Foto-apahabar/Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Warga Banjarbaru terdampak kekeringan kini dapat bernapas lega, pasalnya BPBD mulai menyuplai air bersih gratis per Selasa (29/8) hari ini.

Kasubbag Umum BPBD Banjarbaru, Rosida Ariyanti menuturkan jika hari ini unit tangki BPBD sudah stanby menyuplai air bersih kepada warga terdampak.

"Kami sudah mulai mendistribusikan air bersih ke daerah yang kekeringan," katanya.

Dijelaskannya, suplai air bersih dari BPBD tidak dipungut biaya alias gratis. Adapun daerah terdampak yang mendapatkan layanan ini sesuai data di Kelurahan.

"Layanan itu diambil dari data atau laporan masing-masing kelurahan supaya tepat sasaran," ungkapnya.

Sehingga untuk warga terdampak dapat segera melapor ke kelurahan setempat.

Dikarenakan BPBD juga aktif melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), maka layanan ini kata Rosidae diberikan dengan berbatas waktu. Yakni mulai pukul 08.00 Wita hingga 10.00 Wita.

"Karena setelah jam 10 pagi, tim kembali fokus ke Karhutla," tuntasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Banjarbaru M. Aditya Mufti Ariffin menyampaikan, untuk warga terdampak untuk memanfaatkan layanan suplai air bersih dari BPBD.

Selain BPBD, PTAM Intan Banjar sebutnya juga telah disiagakan melakukan pendistribusian air bersih.

"Kita sdh mnt ke PTAM untuk siaga air bersih, jadi PTAM sudah menyiapkan beberapa angkutan tangki air, sudah stanby. Jadi kalau ada masyarakat yang membutuhkan tinggal menghubungi PTAM termasuk juga dari BPBD," terangnya.

Keduanya kata Aditya stanby untuk menyalurkan air bersih kepada seluruh masyarakat Banjarbaru yang terdampak kekeringan.

Diwartakan bakabar.com sebelumnya, sebagian wilayah Kota Banjarbaru mulai dilanda kekeringan. Seperti di Kecamatan Cempaka dan Liang Anggang.

Sumur-sumur di sana sudah banyak yang mengering. Bahkan penuturan warga, kondisi tersebut sudah terjadi sejak Juli kemarin.

Baca Juga: Kekeringan Melanda Sebagian Wilayah Banjarbaru, Warga Perlu Solusi!

Editor


Komentar
Banner
Banner