Tipu-Tipu Jemaah Umrah

Bos Travel Naila Ditangkap, Terindikasi Mafia Umrah!

Polda Metro Jaya membekuk pemilik travel umrah yang terindikasi menipu ratusan jemaah hingga telantar di Makkah, Arab Saudi.

Featured-Image
ILUSTRASI sepasang suami istri tersangka penipuan. Foto: Detik

bakabar.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya membekuk pemilik travel umrah yang terindikasi menipu ratusan jemaah hingga telantar di Makkah, Arab Saudi.

Sang pemilik bernama Mahfudz Abdulah alias Abi (52) dan istrinya Halijah Amin alias Bunda (48) dibekuk kepolisian di salah satu kamar hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Adillah Syariah.

"Pelaku ditangkap kemarin 27 Februari 2023," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi, Selasa (28/3).

Baca Juga: Lagi, Ratusan Jemaah Kena Prank Travel Naila!

Baca Juga: Ditipu Lalu Diusir, Cerita Pilu Jemaah Kalsel-Tim Terlantar di Jakarta

Kedua tersangka kini telah ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya. Selain tersangka pasutri tersebut, ada satu orang lain yang juga telah ditetapkan jadi tersangka.

Tersangka satunya lagi bernama Hermansyah (59). Hermansyah merupakan Direktur Utama dari PT Naila Safaah Wisata Mandiri, travel umrah milik pasutri Mahfudz-Halijah.

Kendati begitu, para tersangka dijerat Pasal 126 Juncto Pasal 119 A Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah sebagaimana diubah dalam Pasal 126 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Ancaman hukumannya maksimal 10 tahun," ujar Hengki.

Baca Juga: Lagi, Ratusan Jemaah Kena Prank Travel Naila!

Sebelumnya, sebanyak ratusan jemaah asal Indonesia telantar di Makkah lantaran ditinggal begitu saja oleh PT Naila yang berkantor di Banjarmasin dan Banten.

Salah satu korban bernama Abdus merasa dibuat luntang-lantung selama sembilan hari di Makkah tanpa ada kabar dari travel Naila.

Bersama 16 jemaah lainnya, mereka kemudian dipulangkan oleh perwakilan pemerintah Indonesia di Arab, KJRI.

Sekadar pengingat, PT Naila juga pernah berulah dengan urung memberangkatkan ratusan jemaah pada medio Oktober 2022 lalu.

Kisruh Jemaah Travellindo, Calon Haji asal HSS Tak Kuasa Tahan Tangis
Ilustrasi jemaah korban penipuan travel. Dok.bakabar.com

Para jemaah asal Kalimantan Selatan itu pun dibuat terlunta-lunta di Asrama Pondok Gede Jakarta. Setidaknya tiga kali mereka berpindah tinggal sembari terus diiming-imingi janji manis keberangkatan.

Jurnalis bakabar.com sempat mendatangi kantor cabang PT Naila di Banjamasin, Kalimantan Selatan. Gagal, kantor berlantai dua yang baru diresmikan itu sepi bak kuburan. Kosong melompong.

Editor
Komentar
Banner
Banner