Siaga Banjir

BMKG Petakan Wilayah Siaga Banjir Rob di Awal Tahun 2023

BMKG memetakan beberapa wilayah pesisir di Indonesia yang berpotensi banjir rob pada awal tahun 2023. Sejumlah wilayah itu pun di wanti-wanti untuk bersiaga.

Featured-Image
Banjir Rob genangi wilayah Jakarta Utara. Foto: Tempo

bakabar.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memetakan beberapa wilayah pesisir di Indonesia yang berpotensi banjir rob pada awal tahun 2023. Sejumlah wilayah itu pun di wanti-wanti untuk bersiaga.

Hal terkait terkait adanya fenomena Bulan Purnama (Full Moon) pada 6 Januari 2023.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (2/1).

Baca Juga: Sambut Awal Tahun 2023, BMKG Prediksi Cuaca Indonesia Didominasi Hujan Ringan

BMKG memetakan sekiranya, 17 wilayah pesisir di Indonesia yang harus bersiaga atas prediksi terjadinya banjir rob buntut dari fenomena Bulan baru.

Diantaranya adalah pesisir Sumatera Barat, Pesisir Bengkulu, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Maluku Utara dan selatan.

Selain itu, Pesisir Jawa tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Nusa Tenggara Barat dan timur, Pesisir Kalimantan Barat dan timur, Pesisir Sulawesi Utara dan selatan, hingga Pesisir Papua Selatan.

Baca Juga: Jelang 2023, BMKG Antisipasi Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta

Namun, potensi adanya banjir rob tersebut dapat berbeda waktu di setiap wilayah. Dan secara umum juga berdampak pada aktivitas masyarakat sekitar pesisir maupun pelabuhan.

“Dapat berdampak pada aktivitas masyarakat sekitar pelabuhan dan pesisir seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, permukiman di pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” pungkas Eko.

Editor


Komentar
Banner
Banner