TikTok

Bisa Ditonton Horizontal, TikTok Bakal Bajak Konten Kreator YouTube?

TikTok meluncurkan fitur baru yang membuat pengguna bisa menonton video di mode horizontal seperti kala menonton video di YouTube.

Featured-Image
TikTok sediakan fitur menonton secara horizontal layaknya YouTube. (Foto: dok. PetaPixel)

bakabar.com, JAKARTA -TikTok meluncurkan fitur baru yang membuat pengguna bisa menonton video di mode horizontal seperti kala menonton video di YouTube.

Terobosan terbaru dari TikTok tersebut nampaknya merupakan cara TikTok untuk menggaet konten kreator yang biasanya memposting video di YouTube.

Pasalnya, fitur full screen mode itu juga tampaknya mengakomodasi kebiasaan kreator yang kerap menambahkan pesan "putar ponsel Anda" di awal video agar pengguna dapat sepenuhnya menikmati konten video horizontal yang dibuatnya.

Sebelumnya, TikTok sudah lebih dulu merilis fitur durasi video hingga 10 menit di platformnya.

Baca Juga: Samsung Tak Sediakan Penyimpanan Internal 128 GB di Galaxy S23?

Dengan durasi panjang hingga 10 menit, kreator konten dapat lebih banyak fleksibel untuk membuat konten seperti demo memasak, reaction, tutorial kecantikan, sketsa komedi, dan banyak lagi, tanpa harus mengkhawatirkan durasi video.

Selama ini, aplikasi TikTok selalu identik dengan format video vertikal. Dengan hadirnya fitur full screen mode dapat memberikan pengalaman baru khususnya untuk para pengguna yang lebih suka menonton video secara horizontal.

Fitur yang membuat pengguna bisa menonton video TikTok layaknya YouTube ini terpantau hadir di aplikasi TikTok versi 27.6.3 di ponsel Android.

Kendati begitu, tidak semua pengguna bisa menjajal fitur full screen mode ini. Sebab, tampaknya fitur ini masih dalam uji coba dan belum sepenuhnya dirilis ke pengguna global.

Baca Juga: Setting Proxy WhatsApp di Android dan iPhone, Bebas Selancar Internet

Sebagai informasi, fitur full screen mode pertama kali dilaporkan mulai diuji coba kepada pengguna global pada pertengahan Desember 2022 lalu.

Pengguna yang beruntung menjajal fitur ini nantinya bakal menemukan tombol "full screen" di layar ketika mereka menonton video di for you page (FYP) TikTok mereka.

Setelah tombol full screen diklik, video akan otomatis diputar dalam mode layar penuh dengan orientasi landscape atau horizontal seperti pada YouTube.

Tak hanya itu, untuk melengkapi pengalaman pengguna, TikTok juga memberikan beberapa opsi untuk mempercepat klip video, mulai dari 0,75x, 1x, 1,25x, 1,5x, dan 2x.

Baca Juga: iPhone XR Harga Rp4 Jutaan, Bisa Akselerasi Game 3D sampai Foto Bokeh

TikTok sendiri menjadi platform yang mempopulerkan video pendek dengan ciri khas berformat vertikal.

Bahkan konsep video vertikal juga akhirnya ditiru oleh pesaingnya, seperti Instagram dengan Instagram Reels dan YouTube dengan YouTube Shorts.

Editor


Komentar
Banner
Banner