Habar Ramadan

Bingung Pilih Outfit Bukber? Intip Tips Berikut Ini Yuk!

Selama bulan Ramadan pasti banyak jadwal untuk melakukan buka puasa bersama teman sekolah, kerabat, atau rekan kerja. Bingung memilih outfit untuk bukber? Sima

Featured-Image
Tips memilih outfit bukber. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Selama bulan Ramadan pasti banyak jadwal untuk melakukan buka puasa bersama teman sekolah, kerabat, atau rekan kerja.

Bingung memilih outfit untuk bukber? Simak beberapa tips yang bisa membantu anda untuk tampil lebih percaya diri.

1. Menentukan Dress Code

Contoh dress code yang bisa ditiru untuk bukber. Foto-net
Contoh dress code yang bisa ditiru untuk bukber. Foto-net

Jika anda merupakan salah satu orang yang merencanakan acara bukber, tips pertama ini wajib untuk diperhatikan. Yakni dress code.

Dress code merupakan hal penting yang dapat menunjukkan kekompakan dan keindahan acara bukber yang akan diselenggarakan.

Pastikan untuk memilih dress code yang kemungkinan dimiliki oleh semua orang yang akan datang. Meski beberapa pilihan dress code terlihat sangat bagus saat dikenakan bersama, namun jangan pilih dress code yang menyulitkan.

Apalagi hingga membuat salah satu undangan tidak datang atau tidak sesuai dengan dress code, maka hal tersebut akan sangat disayangkan.

2. Memilih Outfit Disesuaikan dengan Lokasi

Contoh outfit casual jika bukber di indoor. Foto-net
Contoh outfit casual jika bukber di indoor. Foto-net

Sebelum memilih outfit untuk bukber, perlu mengetahui lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat bukber.

Apakah bukber akan dilakukan secara outdoor atau indoor, hal tersebut dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih outfit.

Jika bukber dilakukan di indoor maka anda bisa menggunakan dress, kaftan, atau baju-baju yang terlihat lebih formal dan elegan. Sebaliknya jika bukber dilakukan di outdoor akan lebih nyaman jika menggunakan outfit yang casual dan hangat untuk melindungi dari angin malam.

3. Pilih Outfit yang Tepat dengan Tubuh

Contoh outfit untuk orang yang berbadan gemuk. Foto-net
Contoh outfit untuk orang yang berbadan gemuk. Foto-net

Setiap orang pasti memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Kondisi ini juga mempengaruhi gaya memilih outfit untuk bukber lho!

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, mengenali bentuk dan kondisi tubuh masing-masing.

Jika memiliki tubuh yang mungil, hindari menggunakan outfit panjang seperti abaya, dress, dan kaftan agar tubuh tidak terlihat tenggelam. Untuk yang memiliki lengan besar hindari menggunakan baju tanpa lengan atau baju dengan lengan berenda-renda.

Sedangkan jika memiliki tubuh lurus tanpa lekukan dapat mencoba menggunakan outfit yang memiliki potongan di bagian pinggang atau menggunakan ikat pinggang untuk menampilkan lekukan tubuh.

4. Mix and Match

Contoh mix and match warna hijab. Foto-net
Contoh mix and match warna hijab. Foto-net

Selain bentuk tubuh, mix and match warna outfit yang dipilih juga penting. Kita perlu memadupadankan warna outfit dengan warna kulit kita.

Bagu yang menggunakan hijab, tips ini juga dapat digunakan untuk memilih warna hijab yang sesuai dengan warna kulit wajah lho!

Jika anda memiliki warna kulit putih atau pucat, maka warna-warna pastel seperti off-white, beige, dan baby blue akan terlihat elegan. Mayoritas masyarakat Indonesia memiliki warna kulit kuning langsat yang akan cocok dipadukan dengan baju berwarna jingga, hijau, merah, kuning, dan biru.

5. Kenyamanan

Pilih outfit yang tidak membatasi ruang gerak. Foto-net
Pilih outfit yang tidak membatasi ruang gerak. Foto-net

Tips terakhir memilih outfit untuk bukber adalah perhatikan kenyamanan. Jika anda sudah mengikuti keempat tips sebelumnya namun outfit yang dikenakan tidak terasa nyaman, maka hal tersebut akan membuat suasana bukber menjadi kurang menyenangkan.

Patikan outfit yang dipilih tidak mengganggu ruang gerak dan tidak menyulitkan ketika akan makan atau beribadah. Hindari menggunakan aksesoris dan gaya hijab yang berlebihan.

Editor


Komentar
Banner
Banner