Megaproyek IKN

Besok! Groundbreaking Tahap 4 di IKN, Ini Daftarnya

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyampaikan groundbreaking tahap empat di kawasan IKN dijadwalkan pada Rabu (17/1).

Featured-Image
Suasana pembangunan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: Antara/Sigid Kurniawan/rwa.

bakabar.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyampaikan groundbreaking tahap empat di kawasan IKN dijadwalkan pada Rabu (17/1).

Deputi Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono mengatakan groundbreaking tersebut bakal ditemani langsung oleh presiden.

"Besok Bapak Presiden seharian akan berada di IKN untuk melakukan groundbreaking. Tepat 7 bulan sebelum upacara 17 Agustus 2024," ungkap Agung dalam Media Briefing secara virtual pada Selasa (16/1).

Baca Juga: Kereta Tanpa Rel 'Made in China' Hadir di IKN, Tapi...

Groundbreaking tahap 4 bakal diikuti oleh sejumlah proyek, di antaranya BUMN, groundbreaking proyek pihak swasta, dan groundbreaking proyek lembaga negara.

Rincinya terdapat 2 proyek BUMN yang bakal groundbreaking pada tahap 4. Ada pembangunan Nusantara Logistik Hub yang merupakan proyek dari PT Pos Indonesia. 

Kemudian Stasiun Radio RRI yang bakal memiliki studio siaran radio di IKN. Persisnya berada di kawasan hunian pekerja konstruksi.

"Ada 2 BUMN yang berperan di sana," ujar Agung.

Baca Juga: Daftar 28 Proyek Gedung di IKN yang Bakal Rampung Agustus 2024

Lalu, lanjut Agung, terdapat proyek dari pihak swasta. Mereka bakal melakukan groundbreaking pembangunan area pergudangan hingga Hotel Bintang 5.

Sedangkan pembangunan pergudangan akan dibangun oleh Sun Hub dan ada PT Wulandari Bangun Laksana yang akan membangun Nusantara Warehouse Park.

"Karena tentu dengan superblok ya dengan mal dengan hotel perlu logistiknya perlu pergudangan. Nah dua ini, SUN Hub dan Nusantara Warehouse Park ini menunjukkan bahwa logistik menjadi tema groundbreaking kali ini bersama dengan Pos Indonesia. Karena apa? Karena perpindahan ASN di 2024 ini akan perlu didukung oleh logistik dan ini masuk," jelasnya.

Deputi Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam Media Briefing secara virtual pada Selasa (16/1)
Deputi Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam Media Briefing secara virtual pada Selasa (16/1) Foto: bakabar.com/Ayyubi

Selain itu, dari sektor swasta, ada juga Jambuluwuk Hotels & Resorts yang bakal membangun hotel bintang lima. Serta Green Pesantren. Sebuah pilot project reforestasi.

Sementara untuk groundbreaking proyek yang pembangunannya dilakukan lembaga negara terdiri dari groundbreaking pembangunan Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, dan Memorial Park yang semuanya itu dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Baca Juga: Telkom Bakal Suntik Dana Rp280 Miliar ke IKN

Baca Juga: Siap Beroperasi Agustus 2024, KIPP IKN Sudah Mencapai 70 Persen

Lalu, ada juga groundbreaking Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang bukan berasal dari dana APBN.

"Untuk lembaga negara, besok juga ada groundbreaking pembangunan gedung kantor Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, yang nanti pembangunannya dilakukan oleh LPS sendiri," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner