Megaprpoyek IKN

Siap Beroperasi Agustus 2024, KIPP IKN Sudah Mencapai 70 Persen

Pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, terus berproses.

Featured-Image
Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: Kementerian PUPR

bakabar.com, JAKARTA - Pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, terus berproses.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN, Silvia Halim mengungkapkan pembangunan KIPP IA sudah menyentuh 70%. Pembangunan tersebut mencakup infrastruktur dasar, seperti jalanan, drainase, kantor pemerintah, dan rusun Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pasalnya, kata dia, ditargetkan ASN termasuk PNS dan PPPK, bisa mulai menempati kawasan ibu kota baru itu pada 2024.

Baca Juga: Telkom Bakal Suntik Dana Rp280 Miliar ke IKN

Seiring dengan rencana Presiden Joko Widodo yang bakal melakukan upacara di IKN pada Agustus 2024."Ini terdiri dari infrastruktur dasar seperti jalanan, drainase air minum, kantor-kantor pemerintah, dan juga rusun ASN. Ditargetkan untuk operasional Agustus 2024," jelas dia

Dia pun juga menjelaskan, Selain proyek yang disediakan APBN. Pembangunan swasta di IKN juga terus berjalan. Beberapa pembangunan proyek swasta juga ditargetkan sudah bisa beroperasi pada bulan Agustus tahun ini.

Baca Juga: Telkom dan PLN Icon Plus Jadi Penyedia Jaringan Fiber Optik di IKN

Namun kata dia kecepatan pembangunan proyek swasta di IKN berbeda-beda. Setidaknya untuk proyek hotel, sudah mencapai 40 persen. Sementara rumah sakit masih di kisaran 4-6%.

"Progren beda-beda, yang paling pesat itu 40%, itu hotel. Yang paling minimal itu adalah salah satunya rumah sakit, itu di sekitar 4-6%. Tapi pada dasarnya semua nanti menargetkan mulai operasional Agustus 2024 nanti," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner