Tak Berkategori

Bersihkan Lahan, Warga Balikpapan Kaget Temukan Mortir Perang Dunia Kedua

apahabar.com, BALIKPAPAN – Warga RT 46 Kekurahan Lamaru, Balikpapan Timur dikejutkan dengan adanya penemuan mortir bekas…

Featured-Image
Unit Jibom Brimob Polda Kaltim melakukan evakuasi mortir yang ditemukan warga di Balikpapan. Foto-Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN – Warga RT 46 Kekurahan Lamaru, Balikpapan Timur dikejutkan dengan adanya penemuan mortir bekas peninggalan Perang Dunia II pada Selasa (8/6) sekira pukul 16.30 wita.

Bermula saat seorang petani bernama Lin (25) di kawasan tersebut sedang membersihkan lahan merasa curiga dengan benda keras di dalam tanah yang dicangkulnya.

Saat dibongkar lebih dalam lagi kecurigaan makin muncul lantaran bentuk mirip seperti mortir. Lin pun langsung melaporkan penemuan ini kepada Ketua RT setempat dan diteruskan kepada Brimob Polda Kaltim.

“Ada warga menemukan mortir saat bersihkan lahan. Mereka melapor ke kami untuk dilakukan evakuasi terhadap sisa peninggalan perang dunia kedua itu,” Kata Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang pada Rabu (9/6).

Barulah pada Rabu pagi (9/6) Unit Jibom Brimob Polda Kaltim melakukan evakuasi terhadap mortir tersebut. Beberapa menit kemudian proses evakuasi mortir berdiameter 13 centimeter dan berat 6 kilogram ini selesai dilakukan.

“Sudah ditangani Unit Jibom pagi tadi, dan kami bawa ke Mako,” ujarnya.

John mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada dengan barang temuan yang dikira mencurigakan. Segera melaporkan kepada pihaknya untuk segera dilakukan pemeriksaan apakah benda tersebut bahan peledak atau bukan.

“Jangan disentuh, jangan digoyang apalagi di pindahkan. Tetapi karena ketidaktahuannya masyarakat diharapkan lebih berhati-hati ketika menemukan barang tersebut dan segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner