Rekomendasi Wisata

Begitu Indah! Surga Wisata di Kotabaru, Pantai hingga Panorama Alam

Kabupaten Kotabaru, terletak di provinsi Kalimantan Selatan, tak hanya memiliki banyak sejarah, tempat ini punya banyak destinasi wisata yang indah.

Featured-Image
Destinasi Wisata di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Foto: Instagram/visitkotabaru

bakabar.com, JAKARTA - Kabupaten Kotabaru, terletak di provinsi Kalimantan Selatan, tak hanya memiliki banyak sejarah, tempat ini punya banyak destinasi wisata yang indah.

Kotabaru merupakan salah satu kabupaten pertama dalam provinsi Kalimantan. Saat ini, memiliki wilayah seluas 9.442,46 km2, dengan penduduk sekitar 334.158 jiwa. 

Dengan ibu kota di Pulau laut, Kotabaru tak hanya memiliki sumber daya alam yang mumpuni tapi juga cerita sejarah yang cukup panjang.

Baca Juga: Kolaborasi Bleach x Crunchyroll, Hadirkan Model Pakaian Eksklusif

Meski begitu, Kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang asri, menjadi satu hal yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kotabaru.

Beberapa tempat ini menyajikan destinasi wisata yang mempesona dan memanjakan diri Anda dengan keindahan alamnya.

Pulau Laut

Destinasi Wisata di Pulau Laut. Foto: Meratus Geopark
Destinasi Wisata di Pulau Laut. Foto: Meratus Geopark

Menjadi pulau terbesar di Kabupaten Kotabaru, terletak di pesisir timur bagian tenggara pulau Kalimantan. Tak hanya menjadi yang terbesar, Pulau Laut turut menjadi pusat pemerintahan.

Pulau Laut memanjakan mata dengan destinasi wisata pantai yang sangat banyak, tak hanya itu, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di sana.

Baca Juga: Ada Jembatan Senilai Rp1,2 Miliar di Kotabaru, Cocok Buat Wisata

Jika bingung mencari pantai terbaik yang ada di sana, Anda bisa mengunjungi beberapa pantai seperti Pantai Teluk Tamiang, Pantai Tanjung Kunyit, Pantai Tanjung Serudung, Pantai Siring Laut dan Pantai Gedambaan.

Pantai Tanjung Ketapang

Pantai Tanjung Ketapang Destinasi Wisata di Kotabaru Kalimantan Selatan. Foto: Direktori Pariwisata
Pantai Tanjung Ketapang Destinasi Wisata di Kotabaru Kalimantan Selatan. Foto: Direktori Pariwisata

Berjarak 10 Km dari pusat ibu kota Kabupaten Kotabaru, pantai ini menjadi salah satu primadona yang rajin dikunjungi para pelancong untuk dikunjungi.

Pantai ini memberikan kesan menyenangkan degnan langit biru yang indah serta udara laut yang menyejukkan.

Di pantai ini Anda dapat melakukan aktivitas seperti berenang di laut hingga bermain dengan binatang laut yang ada di sana.

Pulau Sebuku

Pulau Sebuku Destinasi Wisata Alam di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Foto: wadaya
Pulau Sebuku Destinasi Wisata Alam di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Foto: wadaya

Dengan jarak sekitar 10 km sebelah utara Pulau Laut dari ibu kota Kabupaten Kotabaru. Dan juga pulau ini terletak di sebelah barat Pulau Sulawesi.

Pulau ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa, tak hanya pantai dan laut, pulau ini juga sajikan pemandangan hutan, terumbu karang hingga satwa liar.

Baca Juga: Sayang Keluarga, Ada 4 Lokasi Wisata Keluarga di Semarang yang Sangat Menarik

Selama berwisata di Pulau ini, banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti diving, snorkeling, trekking, camping hingga bersantai di pinggir pantai.

Goa Temuluang

Goa Temuluang Destinasi Wisata di Kalimantan Selatan. Foto: detik
Goa Temuluang Destinasi Wisata di Kalimantan Selatan. Foto: detik

Hadirkan destinasi wisata bersejarah nan unik dan memikat banyak wisatawan. Goa Temuluang menjadi istimewa karena menjadi rumah bagi puluhan walet yang hidup di dalamnya.

Walet yang menempati goa tersebut sangat dihormati dan telah menjadi bagian dari ekosistem di sana.

Baca Juga: Kotabaru, Wilayah dengan Pantai Cantik yang Bertebaran

Goa Temuluang turut dikelilingi oleh gunung-gunung kapur yang mempesona

Terletak di Desa Bangkalan Dayang, Kecamatan Lumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru, Goa ini turut mengalir sungai sepanjang 4 km di dalamnya. Dan menjadi satu destinasi wisata wajib yang harus dikunjungi saat ke Kotabaru

Bukit Mamake

Bukit Mamake Destinasi Wisata di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Foto: Kab. Kotabaru
Bukit Mamake Destinasi Wisata di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Foto: Kab. Kotabaru

Terletak di Desa Sarang Tiung, desa ini hanya berjarak 11 Km dari pusat ibu kota Kabupaten Kotabaru, yang menempuh waktu sektiar 15 menit menggunakan motor.

Tempat ini tak hanya sajikan panorama alam yang indah dari atas bukit. Tapi juga memiliki pantai yang mempesona dengan ragam aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan, sebut saja snorkeling, diving, trekking, camping.

Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi surga para pecinta adrenalin udara, Bukit Mamake dikenal sebagai wisata olahraga paralayang, Anda dapat mencoba aktivitas ini di sana dan dipandu oleh seorang ahli.

Editor
Komentar
Banner
Banner