Tak Berkategori

Begini Kronologi Satu Masjid Terpapar Covid-19 di Balikpapan

apahabar.com, BALIKPAPAN – Berawal dari kasus positif sepasang suami istri, Satgas Covid-19 Balikpapan menemukan klaster dari…

Featured-Image
Satgas Covid-19 Balikpapan mengumumkan klaster rumah ibadah di RT 47 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara. Foto: apahabar.com/Ahmad Riyadi

bakabar.com, BALIKPAPAN – Berawal dari kasus positif sepasang suami istri, Satgas Covid-19 Balikpapan menemukan klaster dari tempat ibadah.

Total terdapat 24 warga di lingkungan RT 47 Perum Bumi Nirwana Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, terpapar Covid-19. Kemudian 23 warga di antaranya adalah jemaah Masjid Ar Rahmah.

“Penambahan kasus tersebut memang tidak disangka-sangka,” papar Lurah Graha Indah, Satrio, Senin (10/5.

Diduga penambahan kasus aktif itu bermula dari pasutri yang cukup aktif berkegiatan di Masjid Ar Rahmah.

Kemudian sejak 2 Mei 2021, mereka jatuh sakit dan dinyatakan positif dalam pemeriksaan di rumah sakit.

“Pasutri ini aktif mengikuti salat tarawih, terutama dalam sepuluh hari terakhir Ramadan. Di sisi lain, kondisi masjid juga hanya selebar sekitar 4 meter,” jelas Satrio.

“Sebagian jemaah memakai masker, tapi tak sedikit yang mengabaikan protokol kesehatan. Padahal banyak jemaah ke masjid untuk mengejar malam lailatul qadar,” tambahnya.

Selanjutnya rata-rata jemaah yang lanjut usia dan sempat kontak langsung, melakukan pemeriksaan mandiri. Akhirnya bermunculan kasus-kasus positif lain.

“Kami sudah berkomunikasi dengan RT dan satuan tugas di lingkungan. Sudah dilakukan rapid antigen masal sebagai upaya tracing,” tegas Satrio.

Warga yang terpapar berasal dari 8 rumah. Kecuali pasutri yang lebih dulu dikonfirmasi positif, warga lain masih menjalani isolasi mandiri.



Komentar
Banner
Banner