Pemilu 2024

Bawaslu Balikpapan Tertibkan Ratusan Algaka, Masih Terkendala Alat

Penertiban alat peraga kampanye (Algaka) di Kota Balikpapan masih terus dilakukan jelang pemilu 2024.

Featured-Image
Ahmadi Aziz, Komisioner Bawaslu Kota Balikpapan. (Dokumen Bawaslu Balikpapan).

bakabar.com, BALIKPAPAN - Penertiban alat peraga kampanye (Algaka) di Kota Balikpapan terus dilakukan jelang pemilu 2024.

Komisioner Bawaslu Balikpapan, Ahmadi Aziz, puluhan bahkan ratusan algaka di kota Balikpapan ini telah melanggar tempat.

"Terkait algaka yang di tertibkan terutama itu yang di pohon dan tiang. Itu tidak ada alasan untuk tidak kita tertibkan," kata Ahmadi Aziz.

Baca Juga: Hastag PrabowoGibran2024 Dilaporkan ke Bawaslu

Ia juga membeberkan banyak algaka yang dipasang di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Seperti di area pendidikan maupun tempat ibadah.

“Oh jelas, tempat pendidikan dan ibadah itu harus steril,” ungkap Ahmadi.

Selain tempat pendidikan dan ibadah, Ahmadi juga menjelaskan bahwa pemasangan algaka tidak diperbolehkan di ruas jalan protokol.

Baca Juga: Bawaslu Jabar: Ada 67 Pelanggaran Pemilu, Terbanyak soal Netralitas ASN

“Untuk di Balikpapan ini ya jalan protokol kan dari bandara sampai pelabuhan. MT Haryono, itu  di median jalan, juga tidak boleh. Beberapa kali sudah di tertibkan oleh satpol pp,” kata Ahmadi.

Sedangkan penempatan Algaka yang telah ditertibkan, Bawaslu Balikpapan telah menyiapkan enam gudang di masing-masing kecamatan. Jika gudang tidak muat, Algaka akan disimpan di kantor Bawaslu Balikpapan.

"Dengan catatan itu barang nggak boleh rusak karena kami pernah menerima salah satu dari tim itu datang untuk mengambil balihonya untuk dipasang kembali," kata Ahmadi Aziz.

Ahmadi Aziz mengatakan, penertiban Algaka di Balikpapan telah berjalan sejak 13 November 2023. Namun, penertiban belum bisa maksimal karena kendala alat.

"Sebelumnya kita ada kendala dengan alat. Alat itu punya Dishub. Cuma ada dua, yang satu rusak dan satu lagi digunakan untuk perbaikan lampu-lampu," jelas Ahmadi Aziz.

Selain kendala alat, Ahmadi Aziz juga mengatakan bahwa penertiban Algaka di Balikpapan terkendala dengan adanya baliho-baliho besar yang dipasang di jalan protokol.

"Intinya kami sudah bersurat ke Pol PP, Pemerintah Kota, tim sudah di lapangan," ujar Ahmadi Aziz, Rabu (24/1).

Ahmadi Aziz berharap, penertiban Algaka di Balikpapan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Editor


Komentar
Banner
Banner