Arus Mudik 2023

Ban Mobil Bocor di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Lakukan Segera Hal Ini

Memastikan mobil dalam kondisi terbaik sangat penting menjelang momen mudik Lebaran 2023.

Featured-Image
Salah satu pemudik mengalami ban bocor di Tol Jakarta-Cikampek. Foto: apahabar.com/BS

bakabar.com JAKARTA - Memastikan mobil dalam kondisi terbaik sangat penting menjelang momen arus mudik Lebaran 2023.

Terkait hal tersebut, pada arus mudik di tol Jakarta-Cikampek di km 47 pada Selasa (18/4) dini hari, terdapat pemudik yang mengalami kebocoran ban.

"Iya, jadi tadi bannya bocor waktu habis keluar tol. Ini kita sudah menghubungi mobil dongkrak dan lagi menunggu," ujar Nisa kepada bakabar.com, Selasa (18/4).

Baca Juga: [LIVE] Pemudik Mulai Padati Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Wanita yang berniat ingin mudik bersama keluarga itu tpun diketahui menunggu mobil derek selama lebih dari satu jam di bahu jalan tol.

"Tadi juga sudah bicara dengan polisi dan disuruh menunggu. Ini saya dan keluarga sedang ingin mudik tapi ada aja kejadian seperti ini," tukasnya.

Nah, bagi Anda yang mengalami hal serupa, seperti pecah ban atau kecelakaan yang diakibatkan kerusakan jalan tol, hal pertama yang wajib dilakukan pasca kejadian, yakni menghubungi Jasamarga di nomor call center 14080.

Saat kasus pecah ban di jalan tol, Anda juga bisa menghubungi melalui Twitter @PTJASAMARGA atau @OFFICIAL_JSMR.

Baca Juga: Jelang H-5 Lebaran, Pemudik Sepeda Motor Dominasi Jalan di Bekasi

Berkaca akan kejadian tersebut, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengingatkan teknik dasar mengemudi juga harus dipahami dan batas aman kecepatan terutama di jalan tol wajib diperhatikan.

"Berkendara di jalan tol maksimum 100 km per jam jangan sampai lebih. Overspeed itu risikonya besar, ban yang sensitif. Jika sampai pecah tak bisa dikontrol," kata Sony kepada bakabar.com, beberapa waktu lalu.

"Risiko pecah ban juga meningkat signifikan akibat kondisi permukaan jalan," sambungnya.

Baca Juga: One Way saat Mudik Lebaran, Pengamat: Akan Menghambat Arus Kendaraan

Lebih lanjut, saat darurat, pengemudi tetap bisa mengontrol kendaraan selama kecepatannya terjaga, kuncinya adalah ketenangan jangan panik dan sigap membaca situasi terburuk.

"Saat ban pecah jangan langsung injak rem, setir pasti lari ke salah satu sisi. Kita balas seimbangkan, caranya mengikuti arah mobil melaju begitu ban pecah satu sisi. Kecepatan biarkan turun sendirinya, engga perlu di rem," terangnya.

Arus Mudik

Berdasarkan pantauan tim bakabar.com di lokasi, jalan tol Jakarta-Cikampek terhitung ramai lancar.

Kendati begitu, sempat terjadi kemacetan pada titik Km 36 dan 47 pada pukul 2 dini hari. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi terbaik sebelum mudik ya.

Editor
Komentar
Banner
Banner