Tak Berkategori

Balikpapan Masuk 10 Besar Kota Ramah Lingkungan se-ASEAN

apahabar.com, BALIKPAPAN – Tiga kota di Indonesia berhasil meraih predikat Kota Ramah Lingkungan se-ASEAN Environmentally Sustainable…

Featured-Image
Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud menerima penghargaan sebagai salah satu kota Ramah Lingkungan se-Asean. Foto-Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN – Tiga kota di Indonesia berhasil meraih predikat Kota Ramah Lingkungan se-ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Award 2021 di ajang The 5 th ASEAN ESC Award and The 4th Certificate of Recognition tahun 2021 yang berlangsung di Auditorium Manggala Wanabakti, Kamis (21/10).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya Bakar dan diterima oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud.

Sementara itu Kota Surabaya mendapat Certificate of Recognition tahun 2021 kategori Clean Air untuk skala kota besar. Kemudian Kota Bontang meraih kategori Clean Land untuk skala kota kecil.

Dalam siaran pers dijelaskan The 5 Th ASEAN ESC Award nad The 4th Certificate of Recognition merupakan salah satu program kerja sama ASEAN di bawah koordinasi ASEAN Working Group On Environmentally Sustainable Cities (AWGESC) yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan kota-kota berkelanjutan di ASEAN dengan memberikan pengakuan dan apresiasi kepada kota-kota yang telah melakukan berbagai inisiatif dan upaya.

ASEAN ESC Award diselenggarakan kali pertama 8 Oktober 2008, dan selanjutnya dilaksanakan setiap tiga tahun sekali dan menjadi salah satu rangkaian ASEAN Ministerial Meeting On Environment (AMME).

Semenjak tahun 2011 terdapat penghargaan khusus yaitu Certificate of Recognition untuk kategori kota besar dan kota kecil dengan mengusung tiga kategori yaitu Clean Air, Clean Water, Clean Land. The 5 th ASEAN ESC Award and the 4th Certificate of Recognition ini direncanakan menjadi salah satu rangkaian acara pertemuan AMME ke 16 dan Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah.

Kegiatan yang dimulai pukul 13.30 WIB digelar secara virtual. Sedangkan di tempat acara hadir Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, perwakilan negara-negara ASEAN di Jakarta, perwakilan ASEAN Secretariat, Dewan Pertimbangan Adipura, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Unit terkait internal KLHK, kepala daerah dari masing-masing kota-kota peraih penghargaan di Indonesia.

10 kota di masing-masing negara anggota ASEAN dianugerahi Environmentally Sustainable Cities (ESC Award):
1. Temburong, Brunei Darussalam
2. Preah Sihanouk City, Kamboja
3. Balikpapan, Indonesia
4. Xamnneua City, Laos
5. Majlis Bandaraya Shah Alam (MBSA), Malaysia
6. Nyaung Oo (Bagan) City, Myanmar
7. Marikina City, Filipina
8. Nee Soon South Division, Singapura
9. Yala Municipality, Thailand
10. Can Tho City, Vietnam



Komentar
Banner
Banner