AFC Cup

Bali United dan PSM Tersingkir, Sejarah Buruk Indonesia di AFC Cup

Dalam ajang AFC Cup 2023/2024, Bali United dan PSM Makassar dari Indonesia telah secara sistematis telah kehilangan peluang untuk melaju ke semifinal zona ASEAN

Featured-Image
Bali United saat menjalani laga lanjutan pada AFC Cup melawan Stallion Laguna FC, Sumber : X/Bali United

bakabar.com, JAKARTA - Dua klub Indonesia, Bali United dan PSM Makassar secara matematis dipastikan tak punya peluang melaju ke semifinal zona ASEAN AFC Cup 2023/2024.

Hasil tersebut menjadikan klub Indonesia meraih pencapaian terburuk selama sepuluh tahun terakhir tanpa satupun klub yang berhasil melangkah dari babak penyisihan grup AFC Cup.

Persipura Jayapura masih menjadi tim terbaik Indonesia di AFC Cup pada 2014, dimana pasukan mutiara hitam mampu melangkah ke semifinal.

Baca Juga: Diimbangi Hai Phong FC, PSM Makassar Sulit Lolos ke Semifinal AFC Cup

Pada matchday 5 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (29/11) dan Kamis (30/11), baik Bali United maupun PSM menghadapi kenyataan tersebut.

Walaupun, Bali United menang telak 5-2 melawan Stallion Laguna dari Filipina pada, langkahnya tetap tertahan di peringkat 3 klasemen Grup G dengan 7 poin.

Sementara itu, PSM bermain imbang 1-1 melawan wakil Vietnam, Hai Phong FC juga berada di posisi 3 dengan 7 poin, sama seperti yang dikumpulan lawannya itu.

Meski memiliki angka sama, PSM kalah head-to-head dan produktivitas gol dari Hai Phong yang menempati peringkat ke-2.

Baca Juga: Hajar Stallion Laguna 5-2, Bali United Jaga Asa di AFC Cup 2023/2024

Dengan tersisa satu pertandingan pada matchday 6, Bali United dan PSM Makassar sudah dipastikan gagal melaju ke semifinal zona ASEAN AFC Cup 2023/2024.

Bali United, meskipun berharap mengejar posisi juara grup G, tidak mampu melampaui Central Coast Mariners yang memuncaki klasemen dengan 10 poin.

Sementara itu, PSM juga tidak bisa mengejar Sabah FC yang berada di puncak klasemen grup H dengan memiliki 12 poin.

Baca Juga: Epic Comeback, PSM Makassar Taklukkan Hougang United 3-1 di AFC Cup

Dengan peluang lolos ke semifinal melalui jalur runner-up terbaik juga sudah tertutup, persaingan kini berfokus antara Phnom Penh Crown dari Kamboja dan Terengganu FC dari Malaysia.

Phnom Penh Crown yang berada di posisi runner-up terbaik zona ASEAN dengan nilai 12, sudah memastikan tiket ke semifinal dengan menang atau bermain seri pada matchday 6.

Editor


Komentar
Banner
Banner