Chatbot Baidu

Baidu Hadirkan Ernie Bot, Layanan Chatbot Berbasis Kecerdasan Buatan

Baidu hadirkan chatbot berbasis artificial intelligence atau kecerdasan buatan bernama Ernie Bot, yang tersedia bagi ratusan juta pengguna internet.

Featured-Image
Seorang pengunjung mempelajari aplikasi dari Baidu selama Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia (WAIC) 2023 di Shanghai, Cina. Foto: Xinhua/Fang Zhe

bakabar.com, JAKARTA - Baidu memperkenalkan layanan chatbot berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan bernama Ernie Bot yang tersedia bagi ratusan juta pengguna internet.

Dalam keterangan Baidu pada Kamis (31/8), raksasa mesin pencari daring asal Cina itu dapat diakses dari berbagai toko aplikasi (app store) dan melalui laman situs resminya.

Chairman sekaligus CEO Baidu,Robin Li mengatakan bahwa dengan Ernie Bot, mereka akan mengumpulkan umpan balik manusia di dunia nyata yang sangat besar dan berharga.

Selain Ernie Bot, Baidu juga akan meluncurkan serangkaian aplikasi AI-native baru, yang memanfaatkan kemampuan AI generatif.

Baca Juga: Ada Chat dari Akun Resmi WhatsApp? Jangan Panik, Begini Mengenalinya

Menurut Li, hal itu tidak hanya akan membantu menyempurnakan model dasar Baidu, tapi juga mempercepat literasi Ernie Bot, yang pada akhirnya menghasilkan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik.

Chatbot AI, seperti Ernie Bot dan ChatGPT, dilatih menggunakan data dalam jumlah yang sangat besar dari internet dengan tujuan menghasilkan respons mirip manusia terhadap pertanyaan dan perintah dalam bahasa yang natural.

Baca Juga: OpenAI Siap Hadirkan ChatGPT di Android, Bisa Buat Apa Saja?

Ernie Bot dibangun berdasarkan model dasar ERNIE Baidu, yang pertama kali diluncurkan pada 2019.

Berdasarkan data internal Baidu, selama satu dekade terakhir, mereka telah menginvestasikan lebih dari 140 miliar yuan (1 yuan=Rp2.089) untuk penelitian dan pengembangan.

Editor
Komentar
Banner
Banner