Artificial Intelligence

Teknologi AI Lukis Kalimantan Selatan, Contoh Tata Kota Masa Depan?

Antropolog beberkan manfaat teknologi AI Art Generator untuk membangun kemajuan wilayah. Apakah cuma sebatas khayalan?

Featured-Image
Ilustrasi - manfaat teknologi AI untuk membangun kemajuan wilayah. Foto: Instagram/@bornoesocial

bakabar.com, JAKARTA - Teknologi AI (Artificial Intelligence) Art Generator, bisa membuat berbagai desain gambar lewat perintah yang diberikan manusia.

Contoh hasil teknologi AI Art Generator, terdapat dalam unggahan akun Instagram @borneosocial yang menampilkan berbagai gambar kota atau wilayah di Kalimantan Selatan.

Hasil desain wilayah buatan AI tersebut, mencuri banyak perhatian karena gambarnya terlihat indah dan megah seperti di masa depan.

Menurut Nasrullah, Antropolog dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarmasin, desain AI ini merupakan hasil representasi suatu objek seperti pada lukisan atau karya seni.

"Ini bukan hal baru, yang baru ini hanya medianya yaitu AI. Ini adalah bentuk penggambaran dari representasi atau citra yang sifatnya bisa berupa realitas maupun tidak nyata dari kondisi aslinya," ujarnya saat dihubungi bakabar.com, Senin (25/12).

Baca Juga: Teknologi AI Gambarkan Wilayah Kalimantan Selatan, Cek Detailnya

Lebih lanjut, desain AI tersebut kini menjadi tren seperti karya visual lainnya yang mengandung imajinasi.

Nasrullah sempat menyinggung, legenda Kota Saranjana di Kalimantan yang kerap digambarkan memiliki peradaban jauh lebih maju.

"Bedanya Saranjana ini tidak terlalu divisualisasikan. Logika Saranjana ini kemudian diterapkan lewat AI dengan citra yang muncul melalui media sosial atau internet yang kemudian disebarkan," jelasnya.

Ilustrasi Kota Gaib Saranjana - bakabar.com
Ilustrasi Kota Gaib Saranjana. Foto: net/ist

Nasrullah menyebut, manfaat dari desain AI seperti wilayah Kalimantan Selatan atau sebagainya bisa beraneka ragam.

"Manfaatnya bisa menimbulkan kesan keindahan yang wah. Ini mirip seperti desain rancangan pembangunan untuk kepentingan proyek, namun tidak disebar luaskan," sebutnya.

Baca Juga: Chipset Snapdragon 7 Gen 3 Dirilis dengan Teknologi AI, Performanya?

Nasrullah juga bilang desain kota masa depan seperti buatan AI ini sebelumnya pernah digunakan oleh pendiri Singapura, Lee Kwan Yew di masa lampau.

"Lee Kwan Yew pernah memamerkan desain kota futuristik ke masyarakat Singapura di saat negara tersebut belum maju dan bersih seperti sekarang. Ia lalu mengajak masyarakat mewujudkan Singapura seperti desain yang dipamerkan," terang Nasrullah.

Antropolog tersebut pun menyebut desain dari teknologi AI bisa bermanfaat lebih besar apabila digunakan oleh pemerintah untuk membangun kemajuan wilayah.

"Misalnya untuk mengatasi masalah kebersihan di suatu wilayah. Pemerintah bisa membuat desain AI berupa kota yang bersih, jalanan yang bagus dan sebagainya untuk dipromosikan ke masyarakat," kata Nasrullah.

Banjarmasin AI - APAHABAR.COM
Ilustrasi - Teknologi AI gambarkan Kota Banjarmasin dengan jalan raya, perbukitan berkabut, hingga gerbang berhiaskan hewan Bekantan yang menjadi ikon wilayah. Foto: Instagram/@borneosocial

Baca Juga: Fakta Perempuan Kalimantan Nikahi Gadis Cianjur

Pemerintah bisa memulai langkah ini dari wilayah terkecil seperti desa hingga kabupaten atau kota. Tujuannya tentu untuk mengajak masyarakat menciptakan lingkungan yang lebih baik.

"Jadi mumpung ini lagi tren pemerintah harus memanfaatkaannya. desain AI bisa menimbulkan opini bersama untuk menciptakan lingkungan yang estetik dan lebih baik. Kalau tidak ini akan hanya berakhir di media sosial saja," tutup Nasrullah.

Seperti apa bentuk gambar AI Kalimantan Selatan ala poster Disney Pixar? simak selengkapnya....

HALAMAN
12
Editor
Komentar
Banner
Banner