Banjarmasin Hits

Awal Tahun 2023, Siaran Televisi Analog di Banjarmasin Mati Total

Kebijakan Analog Switch Off (ASO) di Banjarmasin dipastikan berlaku mulai 10 Januari 2023.

Featured-Image
Kebijakan Analog Switch Off (ASO) di Banjarmasin dipastikan berlaku mulai 10 Januari 2023. Foto: apahabar.com/ Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Kebijakan Analog Switch Off (ASO) di Banjarmasin dipastikan berlaku mulai 10 Januari 2023 pukul 24.00 Wita.

Dengan demikian, masyarakat tidak lagi bisa menonton siaran televisi analog. Selanjutnya semua siaran akan menggunakan sistem digital yang hanya bisa diakses menggunakan Set Top Box (STB).

"ASO di Banjarmasin berbarengan dengan 9 kota lain mulai 10 Januari 2023," papar Wakil Ketua Komisi Penyiaran Daerah Indonesia (KPID) Kalsel, Fadli Rizki, Selasa (27/12).

"Oleh karena analog dialihkan ke digital, maka siaran televisi hanya bisa diakses menggunakan STB. Kami berharap masyarakat sudah mempersiapkan peralatan ini," imbuhnya.

Untuk memperlancar ASO, terdata sekitar 25 ribu warga kurang mampu yang berhak menerima bantuan STB. Namun demikian, sebaran pembagian STB baru mencapai 5 persen.

"Bekerja sama dengan pemerintah, lembaga penyiaran sudah membagikan STB secara bertahap kepada warga kurang mampu. Direncanakan awal 2023, 2.500 STB dibagikan kembali," tukas Fadli.

Sementara untuk masyarakat yang ingin membeli sendiri, diimbau lebih cermat memilih STB. Salah satunya memperhatikan sertifikat dari Kominfo agar mendapatkan garansi dari pabrik.

Juga harus diperhatikan harga STB di toko resmi, sehingga dapat dibandingkan dengan banderol di pasaran. Diketahui harga STB berkisar antara Rp160 ribu sampai Rp300 ribu.

Editor


Komentar
Banner
Banner