Mengatasi Love Bombing

Apa itu 'Love Bombing' dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Seseorang yang sedang menjadi budak cinta, akan sulit membedakan perilaku romantis dari pasangan yang benar-benar tulus atau mempunyai tujuan lain.

Featured-Image
Ilustrasi Love Bombing. (Foto: iStock)

bakabar.com, JAKARTA - Menjalin hubungan dengan seseorang yang dicintai merupakan hal yang indah. Apalagi ketika memasuki fase awal hubungan yang terasa manis dengan bentuk perhatian, kasih sayang dan cinta yang diberikan.

Istilah yang lagi trend di kalangan anak muda sekarang adalah bucin (budak cinta) atau bentuk perhatian atau pengorbanan demi memprioritaskan pasangannya hingga kadangan melupakan diri sendiri.

Pasalnya, seseorang yang sedang menjadi budak cinta, akan sulit membedakan perilaku romantis dari pasangan yang benar-benar tulus atau mempunyai tujuan lain di balik itu.

Hal demikian yang menjadi faktor seseorang yang sedang jatuh cinta mudah dimanipulasi secara psikologis.

Untuk itu Anda patut waspada ketika pasangan menunjukkan perhatian secara berlebihan. Ini bisa menjadi pertanda bahwa hubungan Anda sudah mengalami Love Bombing.

Pengertian Love Bombing

Love Bombing merupakan perilaku seseorang yang menunjukkan perhatian secara berlebihan ke pasangan atau bentuk manipulasi emosional guna mendapatkan kontrol atas diri seseorang.

Strategi ini dilakukan untuk memanipulasi perasaan seseorang agar dapat di kontrol secara emosional didalam hubungan tersebut.

Agar bisa terhindar dari Love Bombing, Anda harus mengenali tanda-tanda umum seperti memberikan pujian secara berlebihan, selalu mengucapkan janji-janji manis tanpa adanya pembuktian, posesif, cemburu yang berlebihan.

Selain itu, tanpa disadari pasangan  selalu memberikan hadiah dengan tujuan memanipulasi untuk mendapatkan kepercayaan. 

Berikut adalah berbagai cara untuk mengatasi Love Bombing:

1. Memperhatikan perilaku

Perhatikanlah perilaku pasangan Anda, jika sudah menunjukkan sikap manipulatif yang bertujuan mengendalikan, segeralah melakukan tindakan dengan mengkomunikasikanya bersama pasangan.

Bila pasangan mengerti akan sesuatu yang membuat tidak nyaman, hal itu menunjukkan bahwa ia memiliki komitmen yang serius, namun jika sebaliknya, Anda harus berani mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan tersebut demi menjaga kesehatan mental.

2. Mempertegas batasan dalam hubungan

Ketika Anda sudah melihat tanda-tanda bahwa hubungan itu Love Bombing, pertegaslah batasan dengan komitmen pada diri sendiri untuk hubungan yang lebih sehat.

Tentunya Anda harus mengetahui tindakan dalam kategori wajar dan berlebihan. Segeralah, komunikasikan kepada pasangan agar hubungan menjadi lebih baik.

3. Perdekatlah hubungan dengan keluarga dan sahabat

Jika Anda sudah terjebak dalam Love Bombing, biasanya hubungan dengan orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat menjadi tidak intens seperti biasanya. Di mana waktu dan perhatian diberikan sepenuhnya ke pasangan.

Perbaikilah komunikasi dengan keluarga dan sahabat. Dukungan tulus dari orang-orang terdekat akan membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tepat dan terhindar dari Love Bombing.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Editor


Komentar
Banner
Banner