Hot Borneo

Antisipasi Musim Hujan, BPBD Tapin Lakukan Pemetaan Wilayah Rawan Banjir

Hal itu karena curah hujan diperkirakan meningkat pada November hingga Januari mendatang. Sehingga BPBD Tapin melakukan sejumlah persiapan hadapi kemungkinan be

Featured-Image
Apel Sore Pos Gabungan Antisipasi dan Kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. Kabupaten Tapin. Foto: Pusdalops-PB BPBD Tapin

bakabar.com, RANTAU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin lakukan antisipasi persiapan menghadapi musim hujan.

Hal itu karena curah hujan diperkirakan meningkat pada November hingga Januari mendatang. Sehingga BPBD Tapin melakukan sejumlah persiapan hadapi kemungkinan bencana banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Tapin, Raniansyah mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan daerah berpotensi rawan banjir di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin.

"Jadi ada beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Binuang, Tapin Selatan, Tapin Tengah, Bakarangan, Lokpaikat dan Kecamatan Tapin Utara sendiri," jelasnya, Rabu (16/11).

Ia menyampaikan bahwa kecamatan yang disebutkan itu merupakan titik ataupun lokasi yang rawan terjadi bencana terutama banjir pada saat memasuki musim hujan di wilayah Kabupaten Tapin.

"Upaya kita terhadap masyarakat dan juga bentukan dari BPBD Tapin yang dibentuk desa organisasi Desa Tangguh bencana dapat menginformasikan ataupun membantu apabila terjadi bencana," ujarnya.

Diketahui, BPBD Tapin juga akan membangun Posko Siaga Bencana yang aktif dari Nopember hingga Desember. Mempersiapkan perlengkapan seperti peralatan evakuasi dan dapur darurat.

"Kita harus terus siap siaga dalam mengantisipasi banjir," tutupnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner