Hot Borneo

Antisipasi Karhutla, Petugas Gabungan di Tabalong Siaga di Posko Tanjung Expo Center

apahabar.com, TANJUNG – Petugas gabungan di Kabupaten Tabalong siaga 24 jam di Posko di Tanjung Expo…

Featured-Image
Selama 40 hari ke depan petugas gabungan di Tabalong berjaga di posko Tanjung Expo Center untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG – Petugas gabungan di Kabupaten Tabalong siaga 24 jam di Posko di Tanjung Expo Center, Kelurahan Mabuun, Murung Pudak.

Kesiapsiagaan mereka dalam rangka mengantisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta mencegah kabut asap.

Petugas yang berjaga di Posko tersebut terdiri dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, Damkar, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan 15 Unit Penganggulangan Bencana Swadaya (UPBS).

“Petugas gabungan secara bergantian jaga di posko ini, mulai hari ini sampai 40 hari ke depan dan bisa diperpanjang dengan melihat kondisi cuaca,” kata Jayosno, Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tabalong, Jumat (5/8).

Kata Jayosno, sementara para petugas jaga hanya stanby di Posko saja tanpa melakukan patroli. Tetapi mereka tetap koordinasi dengan UPBS yang ada di kecamatan-kecamatan.

“Jika ada kebakaran hutan dan lahan baru petugas di posko turun ke lapangan bergabung dengan UPBS di kecamatan memadamkan api,” terangnya.

“Di posko sendiri dilengkapi dengan unit pemadam kebakaran baik yang portable maupun tanki, sejumlah peralatan pemadam manual dan sarana komunikasi serta peta lahan yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan,” sambung Jayosno.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada titik api akibat karhutla yang terpantau di wilayah Kabupaten Tabalong, baik dari pantauan di posko atau dari laporan masyarakat.

“Tapi beberapa minggu kemarin ada beberapa titik api yang terpantau di kecamatan,” bebernya.

Di Tabalong sendiri saat ini berstatus darurat karhutla berdasarkan SK Bupati dari 15 Juli sampai 3 bulan ke depan.

Terkait hal itu, BPBD Tabalong mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan.

“Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak membakar lahan sehingga menimbulkan pada kabut asap,” pungkasnya.

Sebelumnya, petugas gabungan menggelar apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla di Kabupaten Tabalong di Expo Tanjung Center, Jumat (4/8) pagi, dipimpin Kepala BPBD Tabalong, Zaenudin.

Usai apel, Kepala BPBD didampingi Kabag Ops Polres Tabalong diwakili KBO Samapta Iptu Sunaryo dan perwakilan Pasi Ops Kodim 1008/Tabalong pengecekan kuat personel, sarana prasarana dan Posko Siaga Penanggulangan Bencana Karhutla di Kabupaten Tabalong.



Komentar
Banner
Banner