Tak Berkategori

Antisipasi Karhutla di HSS Kodim 1003/Kandangan Gelar Latihan Posko

apahabar.com, KANDANGAN – Menindak lanjuti penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Hulu Sungai…

Featured-Image
Komandan Korem 101/Antasari, Kolonel Inf M Syech Ismed dan Wabup HSS Syamsuri Arsyad beserta serta jajaraan anggota TNI lainnya foto bersama usai pembukaan gelar latihan posko. Foto-Foto Humas HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Menindak lanjuti penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kodim 1003/Kandangan menggelar latihan Posko - 1 "Antasari Bhakti XXXVIII" Tahun 2019.

Kegiatan bertemakan "Kodim 1003/Kandangan Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten HSS Dalam Rangka Operasi Penanggulangan Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan, ini dibuka secara resmi oleh Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed SE MHan di aula Kodim, Rabu (19/6/2019).

Baca Juga: HSS Krisis Guru, Setiap Tahun Pensiun 100 Orang

Turut hadir wakil Bupati Syamsuri Arsyad SAP MA, Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Wijayanto SE, Ketua DPRD Kabupaten HSS H Akhmad Fahmi SE, Kapolres HSS AKBP Dedy Ekajaya H SIk MH, Ketua Pengadilan Negeri Kandangan Dian Erdianto SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri HSS Sugeng Riadi SH.

Kolonel Inf M Syech Ismed SE MHan menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu cara latihan taktis tanpa pasukan. Tujuannya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja komandan dan staf.

Khususnya dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan komando pengendali operasi. Antara lain, mencakup keterpaduan, kerjasama dan mengkoordinasikan semua unsur kelembagaan terkait dalam Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Dengan begitu, harapannya dapat terwujud keterpaduan, kesatuan pengendalian operasi yang efektif, cepat dan tepat sasaran.

Menurutnya sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2014, TNI memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Tugas tersebut dilaksanakan dalam bentuk Operasi Militer Perang (OMP) dan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satu tugas operasi selain perang di antaranya membantu Pemerintah Daerah menanggulangi bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Selain itu, sesuai dengan UU Nomor 24 Tahun 2007, maka TNI AD secara sah terlibat dalam penanganan bencana yang tergabung dalam organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Oleh karena itu, dalam rangka menanggulangi bencana tersebut, setiap satuan yang terlibat perlu selalu meningkatkan kemampuan serta kualitas tugas dan perannya.

"Hal tersebut sesuai dengan tema Latihan Posko-1 ini yaitu Kodim 1003/Kandangan Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten HSS Dalam Rangka Operasi Penanggulangan Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan,” kata Komandan Korem 101/Antasari, Kolonel Inf M Syech Ismed.

Selanjutnya ia berharap kepada seluruh peserta latihan agar memanfaatkan waktu latihan yang relatif singkat ini seoptimal mungkin, serta dilaksanakan dengan penuh semangat dan motivasi tinggi.

Sehingga, katanya, latihan Posko - 1 Kodim 1003/Kandangan dapat berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan. “Jadikan latihan ini untuk mencapai profesionalisme dan bahan evaluasi untuk perbaikan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang,” pesannya.

Sementara itu, Syamsuri Arsyad, SAP MA menambahkan atas nama jajaran Pemkab HSS menyambut baik kehadiran Komandan Korem 101/Antasari untuk menambah semangat peserta.

Dikatakan mantan ketua DPRD HSS ini sebagaimana dengan ketentuan yang diatur, Bupati, Kapolres dan Dandim sebagai Ketua dan Wakil Ketua Satgas Penanggulangan Bencana Tingkat Kabupaten akan mengadakan rapat penangulangan bencana.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kodim 1003/Kandangan yang telah melaksanakan lebih awal,” kata wabup HSS.

Wakil Bupati Syamsuri Arsyad juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga lahan, hutan agar tidak dibakar. Menurutnya berdasarkan ramalan dari BMKG bahwa cuaca di tahun 2019 bersifat absolut, dan sekarang masih musim hujan. “Semoga tidak terjadi bencana di Kabupaten HSS,” harapnya.

Baca Juga: Disdukcapil HSS Telah Terbitkan 32.700 Kartu Identitas Anak

Reporter: Ahc01
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner