Bisnis

Angka Pengangguran di Kotabaru Cukup Tinggi, Berikut Indikasinya 

Angka pengangguran di Kotabaru dinilai cukup masih tinggi. Indikasinya adalah permintaan surat pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Featured-Image
Kadisnakertrans Kotabaru, Sugian Noor, menjelaskan perihal problem peningkatan kompetensi pencari kerja lokal. Foto: apahabar.com/Masduki

bakabar.com, KOTABARU - Angka pengangguran di Kotabaru dinilai cukup masih tinggi. Indikasinya adalah permintaan surat pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Diketahui angka pencari kerja di Kotabaru masih cukup tinggi hingga 1.700 orang.

"Kondisi tersebut disebabkan para pencari kerja lokal kalah saing dengan pencari kerja dari luar dengan keahlian yang dimiliki," papar Kepala Disnakertrans Kotabaru, Sugian Noor, Rabu (2/8).

Sementara untuk meningkatkan kompetensi melalui pelatihan kerja, Disnakertrans Kotabaru malah terbentur keterbatasan anggaran.

"Sejujurnya kami ingin mengadakan pelatihan lagi untuk pencari kerja. Namun sudah tidak bisa, sebab anggaran sudah habis per Juli 2023," tukas Sugian.

Padahal berdasarkan hasil kunjungan kerja ke Sleman bersama Komisi I DPRD Kotabaru, disyaratkan ketersediaan anggaran yang cukup untuk pelatihan, serta menggencarkan program padat karya.

"Semoga kedepan anggaran di Disnakertrans bisa dinaikkan, supaya program pelatihan pencari kerja bisa berjalan maksimal. Dampaknya warga lokal tidak hanya menjadi penonton," harap Sugian.

Editor


Komentar
Banner
Banner