Hari Raya Paskah

Amankan Prosesi Laut Semana Santa di Flores Timur, TNI AL Kerahkan KRI Untung

TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan KRI Untung Suropati-372 untuk mengamankan prosesi laut ibadah umat Katolik Semana Santa di Larantuka, Flores Timur, Nusa Teng

Featured-Image
Para peziarah mengikuti ibadah Jalan Salib dalam Semana Santa di Taman Doa Pieta Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Jumat (7/4/2023). (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan KRI Untung Suropati-372 untuk mengamankan prosesi laut ibadah umat Katolik Semana Santa di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan menerangkan KRI Untung Suropati-372 akan melakukan pengamanan di perairan Larantuka selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (8/4).

"Hadirnya TNI AL sebagai unsur maritim turut bertanggung jawab atas keselamatan serta keamanan selama kegiatan prosesi laut berlangsung," katanya seperti dilansir Antara, Jumat (7/4).

Baca Juga: Umat Gereja Katolik Santo Mikael Panca Arga Gelar Visualisasi Kisah Sengsara Yesus

Dengan begitu, KRI Untung Suropati 372 dapat memberikan rasa nyaman dan keamanan untuk meminimalisir kecelakaan di laut.

Tak hanya menyediakan kapal, TNI AL juga menyiapkan personel Lanal Maumere untuk siap siaga dalam pengamanan prosesi.

"Saya mengimbau masyarakat yang ikut prosesi laut diharapkan agar tidak menaiki kapal atau perahu dalam jumlah yang berlebihan karena sangat berbahaya," terangnya.

Baca Juga: Polisi Perketat Pengamanan Gereja Saat Perayaan Paskah di Surabaya

Salah satu prosesi yang dilakukan pada hari peringatan penyaliban Yesus Jumat Agung dalam rangkaian Semana Santa di Larantuka adalah prosesi laut Tuan Meninu. Dalam prosesi itu, patung bayi mungil Yesus diarak menggunakan sampan dan diikuti oleh peziarah umat Katolik.

Editor


Komentar
Banner
Banner