Silaturahmi Puri Cikeas

Airlangga Ajak Demokrat Keluarkan Indonesia dari Middle Income Trap

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengajak Partai Demokrat bergandengan tangan untuk menyelamatkan Indonesia keluar dari middle income trap

Featured-Image
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersalaman usai konferensi pers terkait pertemuan bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/4). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengajak Partai Demokrat bergandengan tangan untuk menyelamatkan Indonesia keluar dari middle income trap atau jebakan kelas menengah.

Tak hanya Demokrat, Airlangga juga mengajak partai politik lain agar bisa kerja sama menghadapi middle income trap untuk kemajuan Indonesia.

“Tahun depan, kita persimpangan jalannya bukan di ideologi, bukan masalah kekuasaan, tetapi di negara kita, mampu nggak kita menjadi negara yang lepas dari middle income trap, menjadi negara yang maju,” tutur Airlangga saat konferensi pers di Puri Cikeas, Sabtu (29/4) petang.

Baca Juga: 16 Kali Menang di Pengadilan, AHY Optimis Mampu Tumbangkan PK Moeldoko!

Untuk menghadapi jebakan kelas menengah hanya bisa dihadapi jika seluruh partai bisa berkolaborasi untuk mencari solusi.

Crossroad ini harus kita lalui hanya oleh kerja kita bersama. Tidak bisa hanya satu partai kerja. Atau partai yang menang pemilu kerja sendirian, itu tidak bisa,” tegas Airlangga.

Mulai ahun 2024 menjadi momen krusial bagi Indonesia bangkit dan keluar dari middle income trap. Sebab, saat ini Indonesia mengalami bonus demografi, dimana peningkatan penduduk Indonesia didominasi oleh usia produktif yaitu berkisar antara 16 hingga 65 tahun. 

Baca Juga: Keluh AHY Saat Bersua Airlangga: Ada Pihak Ingin Ubah Sistem Pemilu

"Tahun 2024 menjadi salah satu momentum krusial untuk memanfaatkan bonus demografi ini untuk lepas dari middle income trap," ujar Airlangga.

Sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Ketua Umum Partai Golkar, ia menyebut memiliki visi dan misi untuk membawa Indonesia keluar dari negara berpenghasilan menengah atas (middle income country) menjadi negara yang maju berpendapatan tinggi (high income country) pada tahun 2035. 

Baca Juga: [FOTO] Momen Airlangga Bersua AHY di Puri Cikeas

Menurutnya, hal tersebut dapat dicapai dengan memanfaatkan bonus demografi yang di Indonesia. Oleh sebab itu, sumber daya manusia (SDM) Indonesia perlu diperkuat.

"Kita harus memanfaatkan bonus demografi untuk menjadi negara maju," pungkas Airlangga.

Editor
Komentar
Banner
Banner