IIMS 2023

Ada Mobil Amfibi Buatan Ukraina di IIMS 2023, Harganya Bikin Melongo

Selain mobil Batman, terdapat pula dua mobil unik yang menjadi bintang tamu spesial di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Featured-Image
Mobil amfibi Sherp unjuk gigi di ajang IIMS 2023. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Selain mobil Batman, terdapat pula dua mobil unik yang menjadi bintang tamu spesial di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Mobil yang bikin menarik perhatian pengunjung itu merupakan kendaraan jenis All Terrain Vehicle (ATV) atau kendaraan amfibi buatan Sherp asal Ukraina.

"Kendaraan ini ada dua, namanya Sherp standar dan Sherp Pro XD dan fungsinya berbeda. Yang standar murni untuk membawa penumpang, sedangkan yang pro untuk rescue," ujar Direktur Operasional Sherp, Guntur Simamora saat ditemui bakabar.com di arena IIMS 2023, di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Kamis (23/2).

Baca Juga: Habiskan Akhir Pekan di IIMS 2023, Ada Dewa 19 di Konser Penutupan

Ia menambahkan bahwa awal mula kendaraan beroda setinggi orang itu disebut sebagai kendaraan amfibi karena mampu melintasi segala medan jalan.

"Saya memanggilnya amfibi komplit, karena dia bisa melewati segala medan seperti rawa, pasir, air, lumpur merah dan rawa bahkan bisa di es," klaimnya.

Kendati varian standar tampak lebih besar, ia mengaku berat kedua mobil tersebut sama, hanya fungsinya saja yang berbeda.

"Tonase mobil itu 2,4 ton, kalau untuk passanger dan rescue bisa membawa bobot dengan berat maksimal sampai 1,2 ton," tukasnya.

Baca Juga: Wuling Air ev Hasil Modifikasi bersama NMAA Melantai di IIMS 2023

Mobil garang itu juga bisa menarik mobil lain yang memiliki berat hingga 2,3 ton tapi tanpa tindihan.

"Soal kecepatan mobil ini jika di darat bisa 40 km/jam, dan kalau di air bisa lebih cepat sampai 60km/jam," imbuhnya.

Ia menjelaskan hal itu bisa terjadi berkat rodanya yang besar sebagai motornya tanpa mesin tambahan.

"Nah ketika engine sudah mati, ban mobil itu harus dikempeskan agar bodi mesin tetap stabil dan terjaga," jelasnya.

Baca Juga: Kejutan, Mobil Batman Ikut Nongkrong di IIMS 2023

Kedua mobil demo yang hanya ada dua unit di Indonesia itu dijual pada ajang IIMS kali ini dengan harga Rp5,8 miliar per unit.

"Kalau harga unit baru, yang rescue dihargai Rp9,7 miliar dan yang standar Rp8,7 miliar. Mobil ini satu-satunya kendaraan amfibi yang bisa drift 360 derajat baik di darat maupun di air," pungkasnya.

Unit barunya sendiri bisa dipesan secara inden dalam waktu 6 bulan dan akan dikirimkan langsung ke konsumen.

Editor


Komentar
Banner
Banner