Hot Borneo

ABK WNA China Cedera di Perairan Berau, Tim SAR Evakuasi ke Balikpapan

Seorang anak buah kapal (ABK) berkebangsaan China, Wu Cungyang, mengalami cedera saat berada di Perairan Berau, Kalimantan Timur (Kaltim).

Featured-Image
Tim SAR Evakuasi ABK WNA China di Perairan Berau. apahabar.com / Basarnas Balikpapan

bakabar.com, BALIKPAPAN – Seorang anak buah kapal (ABK) berkebangsaan China, Wu Cungyang, mengalami cedera saat berada di Perairan Berau, Kalimantan Timur (Kaltim).

Tim SAR yang menerima laporan tersebut langsung menuju lokasi kejadian.

Diketahui sebelumnya, kapal China Steel Invasion melakukan perjalanan dari Taiwan menuju Australia melalui Selat Makassar.

Namun saat melintasi perairan Berau pada Kamis (17/11), korban mengalami kecelakaan kerja dan membutuhkan penanganan medis.

Kru kapal pun langsung menghubungi Tim SAR untuk membantu mengevakuasi korban menuju rumah sakit.

“Ya benar, dapat informasi bahwa ada satu ABK mengalami kecelakaan kerja dan butuh penanganan medis. Jadi tim menggunakan KN Wisanggeni dari Balikpapan menuju Berau,” kata Kepala Basarnas Kaltim, Melkianus Kotta.

Perjalanan menuju lokasi kejadian memakan waktu 16 jam dengan jarak tempuh 221 nautical miles dari Kantor SAR Balikpapan. Lokasi kejadian berada tepat di Perairan Tanjung Mangkaliat, Berau.

“Tim tiba di lokasi tadi sekitar pukul 16.30 Wita. Lalu di sana melakukan evakuasi terhadap korban yang alami cidera dan dibawa ke Balikpapan,” tuturnya.

Tim SAR pun tiba di Balikpapan pada Jumat (18/11) sekira pukul 00.20 Wita di eks Dermaga Pelabuhan Somber.

Setibanya di Balikpapan, korban yakni Wu Cungyang langsung dilarikan ke Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) untuk mendapatkan penanganan medis.

“Kondisi korban dalam keadaan sehat, Cuma kalau ini ada cidera sedikit di bagian lengan,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner