Religi

7 Peristiwa Penting dan Bersejarah di Hari Asyura 10 Muharram

apahabar.com, BANJARMASIN – Tanggal 10 Muharram menjadi waktu yang istimewa. Sejumlah peristiwa penting juga terjadi di…

Featured-Image
Ilustrasi tanah Arab. Foto- Freepik

bakabar.com, BANJARMASIN – Tanggal 10 Muharram menjadi waktu yang istimewa. Sejumlah peristiwa penting juga terjadi di Hari Asyura ini.

Bulan pertama dalam penanggalan Hijriah ini merupakan salah satu dari empat bulan mulia yang disebut dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 36, selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Sepanjang bulan Muharram, terdapat sejumlah amalan yang dapat dilakukan. Salah satunya puasa sunah Tasuah dan Asyura yang dilakukan 9 dan 10 Muharram.

“Nabi Shallallahu alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab: ‘Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.’ Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab: ‘Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu’.” (HR Muslim nomor 1.162)

Dikutip dari buku Atho-if Al Ma'arif, halaman 99, bahwa Ibnu Rajab mengatakan, “Di antara ulama yang menganjurkan berpuasa 9 dan 10 Muharram sekaligus adalah Imam Asy Syafii, Imam Ahmad, dan Ishaq. Adapun Imam Abu Hanifah menganggap makruh jika seseorang hanya berpuasa pada hari ke-10 saja.”

Selain sejumlah amalan, hari kesepuluh Muharram juga banyak peristiwa penting yang terjadi. Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi 10 Muharram seperti dilansir NU Online:

1. Pertobatan Nabi Adam AS

Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT.

Semula Nabi Adam AS ditempatkan di surga, tetapi melanggar larangan Allah dengan memakan buah khuldi hingga diturunkan ke bumi.

Selanjutnya Nabi Adam melakukan pertobatan yang dilakukan tepat 10 Muharram. Dalam waktu bersamaan, Allah menerima tobat Nabi Adam.

2. Kapal Nabi Nuh berlabuh

Tepat 10 Muharram, kapal Nabi Nuh berlabuh di Bukit Zuhdi, setelah melalui banjir bandang.

Peristiwa ini juga menjadi penanda Nabi Nuh dan pengikut yang masih beriman, selamat dari banjir bandang yang membinasakan banyak makhluk.

3. Nabi Ibrahim selamat dari siksa Raja Namrud

Nabi Ibrahim pernah disiksa oleh Raja Namrud, bahkan hingga dibakar hidup-hidup.

Namun dengan kekuasaan Allah SWT, api yang membakar Nabi Ibrahim menjadi dingin dan berhasil menyelamatkan.

4. Nabi Yusuf bebas dari penjara

Nabi Yusuf terkenal dengan wajah dan paras rupawan. Meski demikian, Yusuf pernah dipenjara di Mesir atas fitnah keji.

Tepat 10 Muharram, Nbi Yusuf bebas dari penjara tersebut.

5. Nabi Yunus keluar dari perut ikan paus

Nabi Yunus pernah dimakan hidup-hidup oleh ikan paus. Akhirnya selama berhari-hari, Yunus hidup di dalam perut ikan tersebut.

Hingga akhirnya 10 Muharram, si ikan paus memuntahkan Nabi Yunus.

6. Nabi Ayyub sembuh dari penyakit

Nabi Ayyub pernah mendapat ujian penyakit menjijikan berupa borok di sekujur tubuh yang tak kunjung sembuh.

Dengan besabaran dan kekuatan iman, Nabi Ayyub bahkan tidak berani membunuh belatung yang menempel di tubuh. Tepat 10 Muharram, Allah SWT menyembuhkan Nabi Ayyub.

7. Nabi Musa selamat dari Firaun

Peristiwa lain yang terjadi 10 Muharram adalah keselamatan Nabi Musa dari kejaran Firaun bersama ribuan tentara.

Tepat 10 Muharram, Nabi Musa dan Bani Israil selamat tiba di Gurung Sinai, setelah Firaun dan ribuan tentara ditenggelamkan Allah di Laut Merah.



Komentar
Banner
Banner