Rekomendasi Film

5 Rekomendasi Film tentang Sosok Jenius yang Mengagumkan

Sosok dengan kecerdasan di atas rata-rata memang memikat, tak terkecuali dalam penggambara di film. Pasalnya banyak orang yang penasaran bagaimana pola pikir

Featured-Image
Film The Imitation Games. Foto: Quora.

bakabar.com, JAKARTA - Sosok dengan kecerdasan di atas rata-rata memang memikat, tak terkecuali dalam penggambara di film. Pasalnya banyak orang yang penasaran bagaimana pola pikir dan kehidupannya hingga bisa menjadi figur yang memengaruhi dunia.

Mirip selebritas, nyatanya kehidupan tokoh-tokoh jenius juga penuh tantangan, aneka kegagalan, hingga penolakan yang justru menjadi titik baliknya.

Tak hanya itu, yang lebih menarik adalah eksistensi orang jenius juga kerap dikaitkan dengan kesehatan mental tertentu yang membuat dirinya bergumul dengan arus pikirannya sendiri.

Berikut rekomendasi film tentang tokoh jenius yang diangkat dari kisah nyata maupun fiksi:

1. Alan Turing dalam "The Imitation Games"

Sosok jenius Alan Turing dalam film "The Imagination Games". Foto: Xataka.
Sosok jenius Alan Turing dalam film "The Imagination Games". Foto: Xataka.

Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata Alan Turing, sosok jenius yang disebut sebagai perintis komputer modern di dunia. Berkat otak encernya bahkan saat itu Inggris dapat menjinakkan Jerman pada Perang Dunia II.

Film ini sangat direkomendasikan karena jalan ceritanya yang menginsipirasi bahwa seorang jenius pun pernah mendapat penolakan, namun hal itu tentunya menjadi motivasi untuk bangkit dan membuktikan bahwa idenya berhasil diterapkan.

2. Sinivasa Ramajunan dalam “The Man Who Knew Infinity” 

“The Man Who Knew Infinity”
“The Man Who Knew Infinity”

Sinivasa Ramajunan (Dev Patel) merupakan matematikawan muda asal India yang sangat jenius, meski begitu dia tetap merasakan kepahitan karena lahir dari keluarga yang sangat miskin.

Suatu hari dia menulis surat untuk Prof. Hardy di Trinity College, nggak disangka sang profesor tertarik kepada Sinivasa dan mereka mulai menjalani persahabatan.

Berkat kecerdasan dan usahanya, Sinivasa pun berhasil masuk ke Trinity College, Cambridge. Dia pun langsung dibimbing oleh sang profesor hingga menjadi matematikawan yang sangat hebat.

3. Stephen Hawking dalam "The Theory of Everything”

Stephen Hawking dalam "The Theory of Everything”
Stephen Hawking dalam "The Theory of Everything”

Siapa yang nggak mengenal ilmuan yang satu ini? Salah satu penemuannya tentang teori Black Hole bahkan sampai sekarang masih diingat oleh banyak orang.

Dalam durasi 2 jam, kamu akan disuguhkan dengan perjalanan masa muda Stephen Hawking yang berkuliah di jurusan Cosmologi Universitas Cambridge. Kecerdasannya di atas rata-rata, bahkan diakui dunia dan sempat disandingkan dengan ilmuan terkenal zaman dulu, Albert Einstein.

4. Mary Adler dalam "Gifted"

Mary Adler dalam "Gifted"
Mary Adler dalam "Gifted"

Film “Gifted” bercerita tentang anak kecil bernama Mary Adler (McKenna Grace) yang sangat jenius dalam hal matematika. Setelah meninggalnya sang ibu, perjuangannya pun dimulai.

Dia dirawat oleh sang paman Frank Adler (Chris Evans), namun karena keluarga lain melihat bahwa anak ini punya potensi yang luar biasa, terjadi perebutan hak asuh yang memicu konflik.

Padahal saat itu Mary tetap ingin seperti anak pada umumnya bisa bermain tanpa beban, namun sang nenek justru menekan dan mengambil keuntungan dari berkat yang dimiliki. 

5. Raju, Farhan, dan Rancho dalam "3 Idiots"

Kisahnya film berawal dari tiga mahasiswa teknik mesin bernama Raju, Farhan, dan Rancho. Raju sangat tertarik dengan dunia teknik, namun mempunyai kendala karena keluarga yang kekurangan mengharuskan dia untuk bisa menyelamatkan kedua orang tuanya.

Farhan sebenarnya lebih mencintai dunia fotografi, namun karena paksaan orang tua dia harus belajar di teknik. Sedangkan, Rancho memang jenius dan cinta dengan dunia teknik ia pun punya kehidupan yang lebih baik dibandingkan kedua temannya.

Petulangan ketiga mahasiswa ini sangat layak untuk ditonton apalagi dengan sejuta pesan moral yang dihadirkan.

itulah daftar sosok jenius yang profil kehidupannya menarik dan tentu saja inspiratif. Lalu tokoh manakah yang jadi favoritmu? 

Editor


Komentar
Banner
Banner