Mental Health

5 Cara Sederhana untuk Berdamai dengan OCD

OCD atau Obsessive Compulsive Disorder adalah masalah kesehatan mental yang membuat penderitanya mengalami obsesi yang tidak bisa terkendalikan.

Featured-Image
Mengatasi Obsessive Compulsive Disorder (Foto: UNTAG)

bakabar.com, JAKARTA - OCD atau Obsessive Compulsive Disorder adalah masalah kesehatan mental yang membuat penderitanya mengalami obsesi yang tidak bisa terkendalikan.

Kondisi tersebut mendorong penderita melakukan sesuatu secara berulang kali,yang dapat menghambat aktivitas.

OCD bisa dialami oleh siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Penderita biasanya tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami gangguan tersebut.

Gejalanya pun bermacam-macam, biasanya diawali dengan kecemasan serta rasa takut yang terus menerus.

Antara sadar atau tidak sadar, para penderita OCD akan melakukan kegiatan secara terus menerus untuk menenangkan pikirannya.

Agar gangguan mental ini tidak memburuk, Anda bisa menjalani pengobatan dan terapi serta perawatan diri yang merupakan kunci utama untuk hidup damai dengan OCD.

Berikut adalah beberapa tips untuk tetap bahagia meski menderita OCD:

1. Olahraga secara teratur

Saat Anda mulai merasakan kecemasan, tubuh akan melepaskan hormon kortison. Dalam jumlah yang berlebihan, hormon ini bisa berbahaya.

Olahraga secara teratur dapat menjaga kadar kortisol tetap terkendali dan bermanfaat bagi organ tubuh, tulang, hingga berat badan.

2. Mengkonsumsi Makanan bergizi

Menjaga asupan makanan yang sehat dan makan secara teratur. Saat perut lapar, gula darah akan menurun. Kondisi tersebut bisa membuat Anda menjadi lemas.

Mulailah untuk rutin sarapan sebelum beraktivitas, dan makan siang tepat waktu. Jenis makanan sehat yang bisa Anda coba di antaranya: kacang-kacangan, protein seperti daging, ikan bahkan telur untuk menjaga nutrisi dengan baik.

Tak lupa juga mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Hindari untuk mengkonsumsi kafein pada kopi dan teh serta minuman berenergi yang mengandung pemanis yang berlebihan karena hal tersebut dapat menambah tingkat kecemasan dalam diri anda.

3. Istirahat yang cukup

Kecemasan berlebihan akan membuat anda sulit untuk tidur. Namun untuk menjaga kesehatan mental yang baik, tidur merupakan faktor yang sangat penting.

Lakukanlah rutinitas sebelum tidur yang bermanfaat bagi tubuh, seperti menghirup aroma therapy yang menenangkan pikiran, redupkan lampu dan mengatur suhu ruangan sehingga anda bisa tidur dengan kualitas yang baik.

4. Hindari Alkohol

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi alkohol dapat mengurangi kecemasan dan depresi, namun nyatanya alkohol justru akan memperparah hal tersebut.

Menurut Denise Graham, konselor di Pusat Pemulihan Alkohol dan Obat-obatan Cleveland Clinic, mengatasi stres dengan alkohol justru akan memperparah gejala depresi dan kecemasan.

Graham mengatakan, mengonsumsi alkohol justru akan membuat anda sering memikirkan hal-hal negatif dan pikiran menakutkan yang dapat meningkatkan emosi.

5. Meditasi

Teknik menenangkan pikiran dengan yoga, meditasi dan berjalan-jalan di alam akan membuat tubuh Anda menjadi lebih tenang.

Cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan tersebut, dan setelah menemukan yang cocok , Anda dapat melakukan aktifitas itu secara berkala.

Editor
Komentar
Banner
Banner