Kesehatan Otak

5 Asupan Nutrisi yang Bisa 'Upgrade' Memori Otak

Otak memiliki peran yang penting bagi kelangsungan hidup. Bukan hanya untuk memproses informasi, otak berfungsi untuk mengendalikan seluruh sistem dalam tubuh.

Featured-Image
Makanan Nutrisi Otak (Foto: Halodoc)

bakabar.com, JAKARTA - Kesehatan otak memiliki peran yang penting bagi kelangsungan hidup. Bukan hanya untuk memproses informasi, otak berfungsi untuk mengendalikan seluruh sistem dalam tubuh.

Organ ini merupakan salah satu organ terbesar dan terkompleks dalam tubuh manusia yang memiliki 100 miliar lebih sel saraf yang saling berkaitan untuk menghubungkan otak dan seluruh tubuh.

Maka dari itu organ ini membutuhkan banyak energi untuk mengoptimalkan fungsi otak. Hal tersebut bergantung pada nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Makanan yang bergizi ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi  makanan yang sehat juga berpengaruh pada kecerdasan otak.

Baca Juga: Di Balik Kisah Istiqlal Berdampingan dengan Katedral

Dr. Allan Donsky yang memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai psikiater mengatakan, semakin baik dan sehat makanan yang dikonsumsi maka semakin sehar pula kondisi otak.

"Kondisi otak yang lebih baik akan memicu pikiran yang lebih baik juga, meningkatkan kesehatan mental dan spiritual yang mengarah pada kesejahteraan yang lebih besar," ujar Dr. Allan Donsky.

Berbagai macam makanan dapat berperan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi otak, di antaranya:

1. Ikan

Ikan mengandung omega-3 yang tinggi terutama pada ikan air laut seperti ikan salmon, dan kakap merah. Omega-3 dapat membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak.

Maka dari itu, kandungan ini bisa memperbaiki struktur sel-sel otak yang disebut neuron. Konsumsi ikan sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

Baca Juga: Kenali Bahaya Etilen Glikol pada Obat Batuk yang Menyerang Ginjal

Ikan juga mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh seperti halnya protein, omega 3, Vitamin D, kalsium, magnesium, fosfor, yodium, kalium.

Karena kaya akan kandungan tersebutlah para ahli mempercayai bahwa ikan termasuk salah satu makanan tersehat di dunia dan bagus untuk kesehatan otak.

2.  Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian terkenal baik untuk fungsi otak, karena jenis makanan ini mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan yang dikaitkan dengan fungsi otak.

Kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan dan Vitamin E yang melidungi sel dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Berikut kacang-kacangan yang tinggi vitamin E yaitu Kacang almond dan kacang hazel.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau dikenal baik untuk otak karena mengandung zat besi, protein, serat dan kalsium yang penting untuk fungsi otak.

Seperti contohnya Brokoli, kembang kol yang bagus untuk meningkatkan daya retensi.

Baca Juga: Berdamai: Rizky Billar Bikin Surat Perjanjian, Apa Isinya?

Adapun sayur bayam yang kaya akan asam folat dapat membantu dalam mencegah kehilangan memori.

4. Dark Chocolate

Dark chocolate atau Cokelat hitam mengandung kakao yang terdapat kandungan flavonoid sejenis antioksidan yang dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam kinerja memori. Flavonoid juga bisa menstimulasi aliran darah di otak.

5. Buah-buahan

Terkenal mengandung antioksidan flavonoid, buah-buahan terutama jenis buah beri menjadi salah satu makanan yang baik untuk otak. Antioksidan dalam buah beri diantaranya anthocyanin, asam caffeic, catechin, dan quercetin.

Kandungan tersebut memiliki banyak manfaat untuk otak, di antaranya meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak, meningkatkan daya ingat, meningkatkan plastisitas yang membantu sel-sel otak dalam membentuk koneksi baru.

Editor


Komentar
Banner
Banner