Darurat Karhutla

462 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi terdapat 462 titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Featured-Image
Petugas memadamkan karhutla. Kriteria Pencabutan Izin Operasional Perusahaan Biang Karhutla Rampung Pekan Depan. Foto dok apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi terdapat 462 titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Sebanyak 462 titik panas ini terpantau sepanjang Senin (30/10), mulai pukul 01.00 hingga 24.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi BMKG Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Sepinggan Balikpapan, Diyan Novrida di Balikpapan, Selasa (31/10).

Baca Juga: Waspada! BMKG Deteksi 27 Titik Panas di Kaltim

Diyan menerangkan 462 titik panas tersebar di Kota Samarinda, Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Informasi terkini mengenai sebaran titik panas sepanjang Jumat kemarin telah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar dapat ditindaklanjuti.

Ia juga mengimbau seluruh elemen masyarakat membantu mencegah kebakaran hutan dan lahan dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan, termasuk tidak melakukan pembakaran saat membersihkan atau membuka lahan, karena daun dan ranting kering rawan menyebarkan kebakaran lebih luas.

Baca Juga: Proyek Food Estate Prabowo Dicap Penyebab Karhutla di Kalteng

Sebelumnya, atau pada Minggu (29/10) juga terpantau sebanyak 392 titik panas tersebar di tujuh daerah, rinciannya adalah di Kabupaten Paser (96) titik, Penajam Paser Utara (22), Kutai Barat (35), Kutai Timur (114), Kutai Kartanegara (43), Berau (76), dan Mahakam Ulu (6) titik panas.

Sedangkan 462 titik panas yang terpantau sepanjang Senin kemarin dan tersebar di delapan daerah, rinciannya adalah di Kota Samarinda (3) titik, Kabupaten Paser (178) titik, Penajam Paser Utara (12), Kutai Barat (19), Kutai Timur (14), Kutai Kartanegara (57), Berau (107), dan Mahakam Ulu (2) titik panas.

Editor


Komentar
Banner
Banner