LIFESTYLE

4 Kepribadian dengan Bakat Selingkuh Menurut Tes MBTI

Maraknya film atau serial yang mengangkat tema perselingkuhan, mengindikasikan kalau fenomena 'mendua' tersebut cukup mampu menggambarkan kompleksitas hubungan

Featured-Image
Ilustrasi Selingkuh. Foto: Net.

bakabar.com, JAKARTA - Maraknya film atau serial yang mengangkat tema perselingkuhan, mengindikasikan kalau fenomena 'mendua' tersebut cukup mampu menggambarkan kompleksitas hubungan di kehidupan nyata.

Tak jarang, penonton terbawa dalam alur kisah yang mencerminkan sikap pasangan dengan peran si tukang 'main serong' sebagai musuh bersama. 

Realitanya, salah satu indikator seseorang berselingkuh atau tidak, bisa diketahui melalui tes kepribadian MBTI.

Tes ini mampu menunjukkan kecenderungan seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, berpikir, dan bertindak, termasuk cara memandang dan menjalani hubungan.

Dari 16 tipe MBTI yang ada, empat di antaranya disebut-sebut rentan berselingkuh. Merangkum berbagai sumber, inilah tipe kepribadian orang yang berbakat main serong.

1. ISFP (Introvert – Sensing – Feeling – Perception)

Introvert seringkali dianggap sebagai kepribadian yang tak pandai berinteraksi dengan banyak orang. Sehingga, mungkin akan terdengar aneh bila tipe ini menjadi salah satu yang rentan berselingkuh dari pasangannya.

Namun, kenyataannya, seorang ISFP justru tidak suka terkekang dalam sebuah komitmen. Mereka menginginkan kebabasan dan kesempatan untuk hidup mandiri, serta cenderung berfokus pada saat ini.

Alhasil, seorang ISFP pun tak bakal berpikir panjang untuk berselingkuh. Mereka lebih mementingkan apa yang sedang terjadi dalam jangka waktu dekat, tanpa memikirkan konsekuensi dari tindakannya.

Ahli terapis berlisensi, Melanie Shapiro, mengamini pola pikir ISFP yang demikian. "Individu yang kesulitan untuk mengendalikan impuls, bisa saja berselingkuh. Karena, mereka lebih memikirkan kesenangan sesaat daripada efek jangka panjang," ujarnya.

2. ESTP (Extrovert – Sensing – Thinking – Perception)

Seorang ESTP digambarkan sebagai sosok yang gemar melompat sebelum melihat lubang di bawah kakinya, kemudian memperbaiki kesalahan yang diperbuat sambil jalan.

Hal ini berarti, mereka menyukai tantangan dan ingin terus mengeksplor sesuatu yang baru, termasuk dalam konteks hubungan.

Orang dengan kepribadian ESTP juga cenderung mengambil tindakan sebelum mengevaluasi setiap aspek situasi yang tengah dihadapi.

Kecenderungan ini diterjemahkan sebagai dorongan untuk selingkuh, di mana umumnya bertindak tanpa mempertimbangkan bagaimana keputusan itu berpengaruh terhadap pasangan.

3. ESFP (Extrovert – Sensing – Feeling – Perception)

Seorang ESFP digambarkan sebagai sosok yang menghibur dan tak pernah membosankan. Namun, di balik hidupnya yang penuh warna, tipe ini ternyata mudah tergoda berselingkuh dengan orang lain.

ESFP lebih ingin menikmati momen dan mencari kepuasan instan tanpa memikirkan efek jangka panjang. Selain itu, perhatian dari orang dengan tipe kepribadian ini juga mudah terdikstrasi.

Kedua hal tadi cukup menjelaskan kecenderungan ESFP dalam mencari kesenangan di luar komitmen jangka panjang yang sedang mereka jalani. Singkat kata, pencari kesenangan ini lebih berisiko untuk menyerah pada godaan.

4. ENTP (Extrovert – Intuition – Thinking – Perception)

Seorang ENTP boleh dibilang gampang bosan dengan rutinitas yang biasa dijalaninya. Mereka menganggap aturan sebagai 'pengekang' sehingga hidupnya pun seringkali tak selaras dengan norma.

Orang dengan tipe kepribadian ini juga memiliki rasa penasaran yang tinggi. Karakter-karakter itulah yang memungkinkan seorang ENTP berselingkuh dari pasangannya. Mereka bahkan tak peduli pada penilaian orang lain maupun konsekuensi atas tindakannya.

Demikianlah empat tipe kepribadian yang lebih rentan selingkuh. Namun, perlu diingat, tak semua orang dengan kepribadian tersebut berbakat main serong. Semua kembali lagi pada komitmen masing-masing orang.

Editor


Komentar
Banner
Banner