proyek strategis nasional

37 PSN Senilai Rp174 Triliun Bakal Rampung 2024

Sebanyak 37 proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp174 triliun bakal rampung 2023-2024 ini. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuka datanya.

Featured-Image
Bendungan Tapin yang masuk dalam proyek strategis nasional. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Sebanyak 37 proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp174 triliun bakal rampung 2023-2024 ini. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuka datanya.

Rincinya, 12 PSN senilai Rp23 triliun yang rampung pada Desember Ini. Lalu, dilanjut 25 proyek bernilai Rp151 triliun ditargetkan rampung tahun depan.

"Proyek pembangunan di Indonesia salah satu itu dipermudah dengan PSN. Sudah ada 170 PSN (yang rampung hingga Oktober) nilai investasinya mendekati Rp1.399 triliun," kata Airlangga di JIExpo Kemayoran, Rabu (1/11).

Baca Juga: Rosneft Rusia Tinggalkan PSN Kilang Tuban, ESDM Tidak Peduli

Tapi, ada juga sejumlah PSN dengan nilai Rp1.400 triliun yang penyelesaian konstruksinya bakal melewati 2024.

"Nah di sini tentu pembangunan berkelanjutan harus sustain dan didukung oleh keberlanjutan dan tentu bisa mendorong masyarakat di sekitar proyek strategis nasional menikmati hasil," tuturnya.

Menyegarkan ingatan. Menko Airlangga sempat menjabarkan bahwa pemerintah telah menyelesaikan sebanyak 17 PSN dengan nilai Rp259,41 triliun. Khusus pada tahun ini saja.

Beberapa proyek itu di antaranya jalan tol, pelabuhan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, hingga Kereta Light Rail Transit (LRT).

"Proyeknya jalan tol, pelabuhan, Kereta Cepat Jakarta Bandung ini sudah selesai. Nilainya Rp125,7 triliun, dan LRT Rp29,9 triliun," bebernya.

"Kemudian berbagai kawasan industri, berbagai bendungan dan jalan tol Cinere- Jagorawi, Serpong-Cinere dan tol Pasuruan,” lanjur Airlangga.

Baca Juga: PSN Rempang Eco City, Masyarakat Sipil: Strategis untuk Siapa?

Tahun ini masih ada beberapa PSN yang belum diresmikan dan akan selesai. Yakni 16 proyek yang memiliki nilai hingga Rp179,46 triliun. 

Dia lantas merincikan. 16 PSN itu terdiri dari beberapa proyek bendungan, Jalan Tol Kisaran-Tebing Tinggi, Pelabuhan Deli Kupang dan Makassar New Port.

Termasuk yang ada di Papua Barat. Juga sudah selesai Liquified Natural Gas (LNG) train III atau gas alam yang dicairkan. Serta proyek satelit multifungsi, hingga LNG Tangguh.

Editor


Komentar
Banner
Banner