Laga Pramusim Liga 1

3 Pemain Asing Persija Absen Lawan RANS, Begini Alasan Thomas Doll

Ketidakhadiran tiga pemain asing Persija Jakarta dalam pertandingan uji coba melawan RANS Nusantara pada Rabu (21/6) malam di stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepo

Featured-Image
Pelatih Persija, Thomas Doll. (Foto: dok. Persija)

bakabar.com, JAKARTA - Ketidakhadiran tiga pemain asing Persija Jakarta dalam pertandingan uji coba melawan RANS Nusantara pada Rabu (21/6) malam di stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta menuai banyak tanya. 

Sang pelatih, Thomas Doll pun menjelaskan kondisi ketiganya mengapa sampai tidak diturunkan semalam.

"Mereka harus berlatih, mereka tidak fit. Marko datang sehari sebelum latihan (jelang RANS), dia harus melakukan tes atletik kemarin, dan tentu dia tidak bermain," jelas Doll usai laga. 

"Kudy juga sudah dua pekan cedera. Pada pertandingan terakhir juga dia tidak bermain," sambung Doll. 

Baca Juga: Tanpa Pemain Asing, Persija Takluk Oleh RANS Nusantara di Laga Persahabatan

Sementara untuk Ryo Matsumura, pemain asal. Jepang tersebut sejatinya nampak di bench, tetapi sang pelatih tak menjelaskan secara rinci mengapa Ryo tidak dimainkan. 

Tanpa kehadiran pemain asing di laga itu, Persija pun akhirnya takluk dari RANS Nusantara dengan skor akhir 2-1. Persija yang unggul lebih dulu lewat gol Afriyanto Nico Saputro di menit 61 mampu dibalas oleh dua gol dari Antoni Putro Nugroho masing-masing pada menit ke-77 dan 90+2.

Sejauh ini, Doll menyebut jelas membutuhkan amunisi baru berupa tambahan pemain asing. Sebab, dari kuota yang diberikan liga dengan total pemain asing 5+1 dari Asia Tenggara, praktis Persija masih kekurangan tiga pemain lagi untuk menyamakan kuota yang diberikan. 

Doll mengatakan, dirinya tak menampik kalau kehadiran pemain asing memang sangat diperlukan bagi timnya. Apalagi menurutnya, semakin banyaknya kuota yang diberikan akan semakin membuat liga kian sulit. 

Baca Juga: Kalah Dari RANS Nusantara, Thomas Doll: Tidak Penting! 

Namun sampai hari ini Doll belum tahu kapan pemain asing yang dibutuhkan itu bakal tiba untuk memperkuat tim. Doll pun tidak memungkiri bahwa timnya memang sedikit telat dalam berburu. Tapi dirinya mengungkapkan tengah mengusahakan agar pemain-pemain tersebut bisa cepat datang. 

"Tidak, tidak, tidak. Kami juga menunggu pemain asing, hari ini kami tidak memiliki pemain asing di lapangan, Matsumura, Kudela tidak ada di lapangan, jadi tentu kami membutuhkan pemain asing," tutur Doll. 

 "Jadi kami juga memiliki posisi yang tersedia untuk pemain asing dan pemain Asia Tenggara juga akan datang. Kami butuh sedikit passion, kami juga sedikit terlambat, karena banyak dari tim sudah memilki 5-6 pemain asing, termasuk juga tim hari ini (RANS)," ungkapnya. 

"Ini juga penting karena kami butuh kualitas karena semua tahu kami harus mencetak gol, itu lah mengapa kami membutuhkan mereka (pemain asing), jadi mereka akan datang, saya tidak tahu kapan, tapi kami sedang mengusahakan itu," tambahnya. 

Baca Juga: Simic is Back! Persija Berikan Kontrak Selama Dua Musim

Diketahui liga memang membuat aturan yang berbeda di musim ini perihal kuota pemain asing. Nantinya akan ada lima (5) pemain asing yang dibebaskan dari negara mana saja salah satunya adalah dari Asia. Lalu ditambah satu (1) pemain yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. 

Akan tetapi, Doll tidak mau membocorkan akan datang dari negara mana pemain asing baru Persija nantinya. Katanya, yang terpenting pemain tersebut dapat bermain bagus dan tentunya sesuai dengan kebutuhan tim. 

Bagi pelatih berusia 57 tahun ini, kehadiran pemain asing akan semakin penting lantaran Doll memprediksi bakal membuat liga semakin kompetitif. Sebab itu dirinya engga terburu-buru dalam merekrut pemain asing. 

Menurutnya, pemain itu nantinya harus mempunyai kualitas yang konsisten untuk mengarungi liga semusim ke depan. 

"Untuk yang negaranya saya tidak ingin memberi tahu. Yang penting bukan dari negara mana, yang penting dia (pemain baru) bisa bermain disini. Di waktu yang tepat akan diberi tahu seperti biasa, sekarang belum bisa memberikan info apa-apa karena masih dirahasiakan," tukas Doll. 

"Untuk regulasi yang tadi ditanyakan, intinya pemain itu harus ada disini sekarang. Dengan regulasi ini, musim ini akan lebih sulit ketimbang musim lalu. Untuk musim ini kita perlu kualitas yang bagus untuk menjalankan musim, karena itu perlu konsistensi," pungkasnya. 

Editor
Komentar
Banner
Banner