aksi unjuk rasa

2.432 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa di Patung Kuda

Ribuan masa dari tenaga medis siap mengamankan aksi unjuk rasa. Unjuk rasa itu akan dikawal oleh 2 ribuan personel gabungan.

Featured-Image
Pemotor naik trotoar di Jl. Kenari karena kemacetan parah imbas demo Nakes, Senin (8/5). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Sejumlah massa akan melangsungkan aksi unjuk rasa di wilayah Jakarta Pusat, hari ini. Guna mengawal jalannya kedua aksi ini, ribuan aparat gabungan diterjunkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin.

"Seluruhnya hari ini total 2.432 personel yang diturunkan, termasuk yang di Monas ya," ujar dia kepada wartawan, Senin (5/6).

Baca Juga: Gelar Aksi Unjuk Rasa di Istana Negara, Partai Buruh Desak 9 Tuntutan ke Jokowi

Buntut dua unjuk rasa dengan massa cukup banyak ini membuat polisi harus melakukan rekayasa lalu lintas.

Untuk pengendara yang melintas di depan gedung DPR/MPR RI, diperbolehkan melintasi lajur busway yang ada di sana. Sampai sekarang arus lalin di depan Gedung TVRI mengarah ke Gedung DPR/MPR RI disebut masih normal.

"Arus lalu lintas sementara karena mereka baru datang ya, ada sedikit kepadatan, jadi kita alirkan menuju jalur busway," ujar dia.

Baca Juga: Gelar Aksi Unjuk Rasa di Istana Negara, Partai Buruh Desak 9 Tuntutan ke Jokowi

Kemudian, exit tol yang depan (restoran) Pulau Dua akan ditutup, diluruskan dulu, sampai nanti ditata situasional. Setelah semuanya sudah bisa alirkan, baru lalulintas kembali berlaku normal.

"Tapi, kalau mau lewat DPR bisa jalur busway, cuma agak padat aja. Biasa kalau massa baru datang musti ditata dulu," lanjutnya.

Sementara itu, untuk pengalihan arus lalin di kawasan Patung Kuda Indosat sudah dilakukan. Polisi kini telah melakukan proses pengalihan di Jalan Medan Merdeka Barat di kedua arahnya.

Baca Juga: Unjuk Rasa 411 Ratusan Orang 'Turun', Ini Daftar Jalan Alternatif

Kendaraan yang mau melintasi Jalan Medan Merdeka Barat akan diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan.

"Kepada masyarakat umum yang pertama hari ini ada beberapa titik aksi di wilayah Jakarta pusat baik di DPR, dan juga termasuk Gambir, Menteng juga ada," ungkapnya.

Untuk itu, beberapa arus lalin dengan sangat terpaksa dialihkan, khususnya di wilayah Monas dan Medan Merdeka Barat.

Baca Juga: Gelar Aksi Unjuk Rasa di Istana Negara, Partai Buruh Desak 9 Tuntutan ke Jokowi

Jadi, masyarakat diimbau menghindari jalur tersebut. Kemudian untuk para pengunjuk rasa silahkan sampaikan pendapat secara tertib.

"Dan kami dari kepolisian siap memberikan pengawalan dan pelayanan jalannya aksi atau aktivitas masyarakat," pungkasnya.

Sebagai informasi, massa yang melakukan aksi unjuk rasa di Patung Kuda dari Partai Buruh dan Serikat Buruh.

Sementara itu, massa yang melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR dari 5 organisasi profesi medis dan kesehatan (PB IDI, PPNI, IBI, PDGI, dan IAI). Mereka menolak terkait Omnibus Law RUU Kesehatan.

Editor


Komentar
Banner
Banner