Bisnis

20 Calon Dubes-Konsulat RI di Luar Negeri Eksplor Potensi di Jatim

Sebanyak 20 calon kepala perwakilan RI di luar negeri melakukan kunjungan Lintas Nusantara di Jatim.

Featured-Image
Kunjungan calon dubes dan konsul RI di Gedung Grahadi (23/5). Foto: apahabar.com/HanaaSeptiana

bakabar.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan 20 calon kepala perwakilan RI di luar negeri di Gedung Negara Grahadi, Selasa (23/5). Para calon duta besar dan konsul jenderal ini melakukan kunjungan Lintas Nusantara untuk mengenal potensi di Jatim.

Sebanyak 13 calon duta besar (dubes) luar biasa berkuasa penuh dan 7 calon Konsul Jenderal (konjen) menghadiri agenda yang berlangsung pukul 19.30 hingga 23.00 WIB itu. Mereka rencananya akan dilantik pertengahan tahun ini dan bertugas di sejumlah negara sahabat. 

Staf ahli bidang Hubungan Antarlembaga Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Muhsin Syihab mengatakan bahwa agenda ini rutin dilakukan setiap ada penugasan calon kepala perwakilan RI. Tujuannya, melihat wilayah-wilayah di nusantara dan mengenal potensi yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Khofifah Minta Siswa SMK Tidak Bermental Karyawan, Tapi Juragan!

“Harapannya, para calon kepala perwakilan RI bisa menggarap potensi-potensi di masing-masing negara dimana mereka akan bertugas,” ucap Muhsin kepada awak media, Selasa (23/5) petang.

Perwakilan Kemenlu, Muhsin Syihab menjelaskan agenda Lintas Nusantara (23/5). Foto: bakabar.com/HanaaSeptiana
Perwakilan Kemenlu, Muhsin Syihab menjelaskan agenda Lintas Nusantara (23/5). Foto: bakabar.com/HanaaSeptiana

Menurut Muhsin, ada 2 provinsi yang menjadi daerah kunjungan Lintas Nusantara, yakni Jawa Barat dan Jawa Timur. Kedua daerah ini dianggap memiliki banyak potensi di berbagai sektor.

Muhsin pun menyebutkan sejumlah potensi itu, mulai dari komposisi demografi Jatim dengan 70 persen usia produktif hingga pekerja migran dengan kontributor terbesar di Indonesia. Sektor lain seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga beragam industri strategis juga dianggap sebagai potensi yang luar biasa.

“Ini tentu bisa menarik investor dari luar negeri untuk berinvestasi, maka perlu ada pengenalan ini kepada calon kepala perwakilan RI,” tandas Muhsin.

Baca Juga: Digadang Jadi Cawapres Anies, Khofifah Lempar Senyum Saat Memasuki Mobil

Ke depannya, para dubes dan konjen itu akan membawa mission paper saat bertugas. Itu merupakan sejumlah rencana target yang akan dicapai saat bertugas. Agenda Lintas Nusantara ini merupakan tahap awal agar para calon dubes dan konjen mengenal bisa merancang target.

“Saat ini pengenalan dulu terhadap potensinya, selanjutnya matchmaking process dengan potensi di RI dan pasar luar negeri hingga menarik investor,” ungkap Muhsin.

Selanjutnya, para calon dubes dan konjen ini juga akan mengunjungi sejumlah industri strategis di Jatim pada minggu ini. Seperti PT PAL, Petrokomia Gresik, PT UBS, Sekar Laut, dan lain-lain.

Baca Juga: Pengangguran Terbuka di Jatim Menurun, Khofifah: Berkat Link and Match

Khofifah pun menyambut baik agenda Lintas Nusantara ini. Dia pun memberikan sejumlah saran kepada calon dubes dan konjen tersebut untuk melihat potensi berbagai daerah di Jatim.

Mantan Menteri Sosial RI itu pun menyebutkan contoh beragam potensi wisata di Jatim. Misalnya, sektor pariwisata ada Blue Fire di Banyuwangi yang hanya ada 2 di dunia. Kemudian ada wisata Gili Iyang, Madura yang terkenal dengan kawasan dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia.

“Ada juga UMKM, peternakan, pertanian dengan tanaman organik, dan lain sebagainya, bisa dieksplor semua,” pungkas Khofifah.

Editor
Komentar
Banner
Banner