1 Tahun Air Ev

1 Tahun Berkiprah, Ini Alasan Wuling Air ev Series Layak Dipinang

Hari ini genap satu tahun kiprah Wuling Air ev mewarnai persaingan pasar mobil listrik Tanah Air.

Featured-Image
Wuling Air ev menawarkan berbagai kemudahan mulai dari easy to use, easy home charging, hingga easy to own. Foto: dok. Wuling

bakabar.com, TANGERANG – Hari ini genap satu tahun kiprah Wuling Air ev mewarnai persaingan pasar mobil listrik Tanah Air.

Meski masih terlalu muda, tidak ada salahnya bertanya: apakah mobil ramah lingkungan ini layak dipinang? Reputasi mobil 4-seat dengan desain unik ini tidak diragukan.

Selain jadi mobil listrik paling laris pada tahun 2022, Wuling Air ev banyak jadi perbincangan sewaktu berkontribusi pada momen KTT G20 di Bali dan KTT Asean di Labuan Bajo.

Sebanyak sembilan penghargaan juga berhasil diraih dalam waktu kurang dari satu tahun. Namun, yang paling menarik dari mobil yang diperkenalkan pada Agustus 2022 ini adalah ketika menjadi pemimpin pasar kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Baca Juga: Wuling Bawa Jajaran Mobil Lengkap dan Program Menarik di GIIAS 2023

Respons positif pasar membuat penjualan mobil listrik berbodi kompak ini meningkat pesat dan bahkan mengungguli Ioniq 5, yang saat itu menjadi pemimpin pasar mobil setrum. Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Air ev telah terjual sebanyak 10.031 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yang dikutip bakabar.com pada Senin (14/8), Wuling menjadi pemimpin pasar dengan mencatatkan wholesales sepanjang 2022 sebesar 6.859 unit dan menenggelamkan Ioniq 5 yang pada saat itu hanya terjual 1.517 unit untuk varian Signature Extended.

Wuling turut menampilkan special livery yang akan digunakan sebagai Official Car Partner KTT ASEAN. Foto: dok. Wuling
Wuling turut menampilkan special livery yang akan digunakan sebagai Official Car Partner KTT ASEAN. Foto: dok. Wuling

Vice President Wuling Motors Arif Pramadana mengatakan, Air ev menjadi terobosan inovasi Wuling dan berhasil mendominasi serta menjadi pemain penting di dalamnya dan berhasil menguasai 68,7 persen pangsa pasar mobil listrik Indonesia.

“Kepercayaan dari masyarakat terhadap Air ev dapat kami lihat dengan pertumbuhan angka penjualan yang positif, berbagai apresiasi, serta kehormatan yang diberikan kepada Air ev untuk bertugas sebagai official car partner dalam event berskala internasional,” kata Arif Pramadana dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini.

Baca Juga: Wuling Tampilkan Eksterior dan Interior New Almaz RS di GIIAS 2023

Capaian gemilang tersebut membuat brand berlogo lima berlian ini layak menjadi mobil listrik terlaris. Terlebih lagi, berkat nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Air ev mencapai 40 persen sehingga mendapat insentif 10 persen PPN dari pemerintah.

Usai mendapat insentif, harga Air ev tipe Long Range di pasaran menjadi lebih hemat, dari Rp299,5 juta menjadi Rp273,5 juta. Sedangkan tipe Standar Rp243 juta menjadi Rp222 juta. Kedua harga tersebut sudah on the road (OTR) Jakarta. Potongan harga ini menjadi alasan Air ev diserbu pasar.

Kiprah satu tahun Wuling Air ev di Indonesia. Foto: bakabar.com/Regentino
Kiprah satu tahun Wuling Air ev di Indonesia. Foto: bakabar.com/Regentino

Selain murah, keunggulan dan beragam fitur yang dimiliki kedua tipe ini juga menjadi magnet pembeli seperti halnya Intelligent Tech-Dashboard, Electric Power Steering, Floating Widescreen, Multifunction Steering Wheel serta desain Center Console yang futuristik.

Mobil listrik buatan pabrik Cikarang ini, dibekali baterai Lithium Ferro Phosphate, IP67 rating berkapasitas. Tipe tertinggi mobil listrik ini memiliki baterai berkapasitas 26,7 kWh atau 115 V. Jarak yang mampu ditempuh tipe tertinggi Air ev lebih dari 300 km. Lama pengisian daya mobil listrik ini 4 jam dengan charger 6.6 kW AC.

Baca Juga: Gandeng Raffi Ahmad, IMX 2023 Siapkan Supergiveaway Wuling Air ev

Sedangkan untuk tipe Standard, baterai yang tersemat berkapasitas 17.3 kWh atau 115 V. Jarak tempuh yang dapat dijangkau lebih dari 200 km sekali isi daya. Sedangkan lama pengisian daya adalah 8 jam dengan charger 2.0 kW AC.

Tak puas dengan pencapaian dua varian yang telah dirilis di pasaran, Wuling menambah varian baru, yakni Air ev Lite yang baru saja diperkenalkan pada GIIAS 2023. Varian termurah Air ev ini diproduksi untuk memperluas pasar mobil kompak ini di pasar otomotif tanah air.

Varian terbaru ini dibanderol dengan harga Rp188,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Versi baru ini juga memiliki baterai yang sama dengan tipe Standard Range. Termasuk jarak tempuh yang dapat dijangkau mobil listrik ini sejauh 200 km sekali isi daya secara penuh.

Baca Juga: Catatan Manis Wuling Air ev yang Sudah Terjual hampir 10 Ribu Unit

Layanan purna jual yang ditawarkan versi baru ini juga tidak kalah dengan dua varian lainnya, yakni garansi tiga tahun atau 100.000 km dan garansi baterai delapan tahun atau 120.000 km serta garansi komponen kelistrikan lima tahun atau 100.000 km.

Pengunjung GIIAS 2023 yang penasaran dengan keunggulan Air ev series, bisa mengunjungi booth Wuling untuk melihat langsung mobil listrik terlaris ini.

Pengunjung juga dapat menjajal secara langsung sensasi berkendara dengan nyaman dan aman menggunakan Wuling Air ev di area test drive GIIAS 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner