Hot Borneo

Kronologis Warga Temukan Sumber Gas Alam di Jirak Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – Penemuan sumber gas alam di Desa Jirak RT 03, Kecamatan Pugaan, Kabupaten Tabalong…

Featured-Image
Rahmadi penjaga ayam ternak menunjukkan lokasi penemuan sumber gas alam di Jirak, Tabalong, Selasa (9/8). Foto-apahabar.com/Amin

bakabar.com, TANJUNG – Penemuan sumber gas alam di Desa Jirak RT 03, Kecamatan Pugaan, Kabupaten Tabalong mencuri perhatian warga sekitar, Selasa (9/8).

Mereka penasaran lantas ingin melihat langsung ke lokasi sumber gas alam yang awalnya ditemukan Ridhani Ainani (28) saat bikin sumur bor.

Diketahui, Ridhani Aini warga Desa Ampukung, Kelua. Bekerja sebagai tukang jasa bikin sumur bor.

Lalu bagaimana awal penemuan gas alam tersebut?

“Penemuan gas alam ini bermula dari pemilik lahan mempekerjakan orang untuk membuat sumur bor sebagai kebutuhan air di kandang ayam,” kata penjaga kandang ayam, Rahmadi (40), warga Jirak RT 03 ditemui di lokasi.

Dibeberkan Rahmadi, pengeboran tersebut dimulai pada Minggu (7/8), awalnya di tepi pondasi jalan. Sempat ngebor tidak ditemukan air, lalu bergeser sekitar 10 meter dari lokasi awal.

Setelah di lokasi kedua dibor itu, saat pipa ke delapan, sudah terasa ada tekanan dari bawah. Namun saat itu belum keluar gas.

Dilanjutkan pipa ke sembilan dipasang, tepatnya pada kedalaman mencapai 36 meter, pekerja memilih berhenti sementara.

“(Namun) Pada malam harinya saya tidak bisa tertidur, karena mendengar suara gemuruh dari arah sumur bor yang digali tersebut,” jelas Rahmadi.

Besok harinya, Senin (8/8), Rahmadi bersama pemilik kandang ayam dan pekerja mengecek sumur bor tersebut.

“Saat dicek terlihat semburan air bercampur lumpur dan pasir, (tingginya) sekitar satu meter ke atas dengan bau gas menyengat,” terangnya.

Nah, saat itu salah seorang pekerja mencoba menyulut lobang pipa galian ke sumur bor dengan korek api. “Ternyata api (malah) menyala hingga kurang lebih 1 meter. Kemudian langsung dipadamkan menggunakan karung basah,” sambung Rahmadi.

Menurut Rahmadi, saat lubang pipa ditutup dengan tangannya, terasa ada tekanan dari dalam pipa tersebut. Selain itu, dirinya juga mencium bau gas.

“Hingga hari ini, bau gas tersebut masih tercium dari dalam pipa,” bebernya.

Rahmadi juga telah menyiapkan sampel untuk di tes DLH Tabalong.

Saat warga menyulut air bercampur lumpur di dalam botol kemasan, api nampak menyala.

Bikin Sumur Bor, Warga Jirak Tabalong Malah Temukan Sumber Gas Alam

Komentar
Banner
Banner