Tak Berkategori

4 Minuman yang Mesti Dihindari Saat Sahur, Salah Satunya Air Es

apahabar.com, BANJARMASIN – Menuruti keinginan diri untuk minum-minuman favorit dapat membuat puasa terganggu. Agar tak dehidrasi,…

Featured-Image
Air es dinilai tak cocok untuk dikonsumsi saat sahur. Foto ilustrasi: Kumparan

bakabar.com, BANJARMASIN – Menuruti keinginan diri untuk minum-minuman favorit dapat membuat puasa terganggu. Agar tak dehidrasi, sebaiknya Anda pilah-pilih makanan atau minuman yang akan dikonsumsi saat sahur.

1. Minuman Bersoda

img

Minuman bersoda memang enak, tapi berpotensi membawa pengaruh negatif untuk tubuh.

Meski secara teknis tidak mengandung kalori, pemanis buatan yang terkandung di dalamnya akan meningkatkan kadar insulin. Hal ini berarti berpengaruh pada kadar gula darah kita.

“Mengonsumsi gula seperti minuman yang tinggi gula adalah faktor utama penyebab obesitas dan diabetes” jelas Dr. Douglas Bettcher, direktur Divisi Pencegahan Penyakit Tidak Menular di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti dilansir dari orami.co.id.

Perlu diingat, jika minuman bersoda juga mengandung gas karbondioksida yang akan membuat perut kembung. Otomatis saat menelannya, gas yang banyak juga akan ikut masuk ke dalam tubuh.

2. Kopi

img

Pada beberapa orang, kandungan kopi dapat membuat tubuh memberikan reaksi berbeda. Ada yang seketika mengalami masalah dengan perutnya. Baik itu merasa sakit perut ataupun sakit maag. Untuk menghindari masalah yang tidak-tidak, sebaiknya jauhi dulu kopi selama bulan puasa. Berikan perut nutrisi yang memang ia butuhkan.

3. Teh Manis

img

Rasa manis yang ditinggalkan di lidah, selalu membuat orang susah untuk melupakan. Tapi teh manis masuk dalam daftar salah satu minuman yang harus Anda hindari.

Minum teh manis saat sahur akan membuat tubuh cepat lemas. Hal ini dikarenakan teh manis mampu menaikan dan menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Jadi sebaiknya dihindari.

4. Air Es

Air dingin atau air es yang diminum saat sahur, bisa memicu perut terasa tidak nyaman dan perih, hingga kembung. Di samping itu, air dingin juga bisa memicu pembuluh darah berkontraksi, yang akan mengakibatkan pencernaan terganggu.

Agar puasa berjalan dengan lancar, sebaiknya Andan pilih minuman yang dapat memberikan stamina dan energi yang baik untuk tubuh.

5. Pilih Air Hangat

Sejak lama, air hangat dianggap sebagai minuman yang lebih sehat dibanding air es. Ada banyak sekali kelebihannya seperti merangsang aliran darah menuju usus, mencegah konstipasi, hingga mengaktifkan sistem pencernaan.

Terkesan sederhana dan mudah, namun minum air hangat sebelum tidur ternyata membawa banyak manfaat kesehatan. Menurut Healthline, selama digunakan beraktivitas dan tidur, tubuh akan kehilangan cairan melalui sistem pernapasan, keringat, dan keluarnya urin juga feses.

Air hangat juga bisa mengeluarkan racun yang tertumpuk di dalam tubuh karena pengonsumsian makanan dan minuman. Selain itu, juga bisa merombak dan meluruhkan timbunan lemak yang ada pada tubuh sehingga bisa berefek menstabilkan dan menurunkan berat badan.



Komentar
Banner
Banner