Hot Borneo

Buntut Suara Azan dan Gonggongan Anjing, Copot Menag Yaqut Menggema di Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Gelombang tuntutan pencopotan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menggema hingga Kalimantan Selatan. Desakan…

Featured-Image
Desakan untuk mencopot Menteri Agama Yaqut Cholil menggema di Kalsel, Jumat (4/3). apahabar.com/Riki

bakabar.com, BANJARMASIN – Gelombang tuntutan pencopotan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menggema hingga Kalimantan Selatan.

Desakan tersebut terdengar saat puluhan massa Aliansi Umat Islam Kalimantan Selatan menggelar aksi demonstrasi, Jumat (4/3).

Sembari melantunkan salawat, massa melakukan long march dari halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin ke depan kantor wilayah Kemenag Kalsel, Jalan DI Pandjaitan.

Unjuk rasa dipicu oleh pernyataan Menag Yaqut beberapa waktu lalu, yang dianggap membandingkan suara azan di masjid dengan gonggongan anjing.

"Tak pantas [Yaqut] jadi menteri, pernyataannya mengiris umat islam di seluruh Indonesia," kata seorang massa saat melakukan orasi.

Selain meminta Menag Yaqut dicopot, massa juga menuntut agar polemik analogi suara azan masjid dengan gonggongan anjing itu diusut tuntas.

"4 Maret 2022, kami meminta agar diusut tuntas sehingga tidak ada lagi orang-orang yang mengadu domba," kecamnya.

Israrudin, massa aksi lain menilai analogi suara azan masjid dengan gonggongan anjing sangat tidak pantas.

"Kalau disamakan dengan suara lonceng di gereja itu masih mending. Tapi kalau disamakan dengan binatang yang najis, sangat tidak pantas," tegasnya.

Ia mendesak agar Yaqut segera bertaubat atas pernyataannya beberapa waktu lalu. Menag juga didesak segera minta maaf kepada umat islam seluruh tanah air.

Terpantau massa juga membawa sejumlah spanduk berisi kecaman. Salah satunya mengharamkan Menag Yaqut berpijak di tanah Kalimantan Selatan.



Komentar
Banner
Banner