Nasional

Indonesia Siap Bantu China Tangani Virus Corona

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping terkait wabah…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping. Foto-Biro Pers Setpres RI

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping terkait wabah virus korona. Jokowi mengatakan jika dibutuhkan, maka Indonesia siap membantu China menangani virus corona.

Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam kepada Xi Jinping atas wabah virus corona di China.

“Tadi malam jam setengah delapan saya berbicara melalui telepon dengan Presiden RRT, Presiden Xi Jinping. Yang pertama saya sampaikan duka cita kepada korban virus corona yang ada di Tiongkok,” katanya di Istana Negara, Jakarta seperti dilansir bakabar.com dari okezone.com, Rabu (12/02).

“Kemudian saya sampaikan bahwa Indonesia akan selalu bersama dengan RRT dalam masa yang sulit seperti ini,” tambahnya.

Jokowi yakin China dapat menyelesaikan masalah virus corona dalam waktu secepat-cepatnya. Ia juga menawarkan bantuan terkait penanganan virus itu kepada China apabila diperlukan.

“Saya juga sampaikan bahwa Indonesia yakin RRT bisa selesaikan masalah virus corona dalam waktu secepat-cepatnya. Itu kira-kira yang saya sampaikan kepada Presiden Xi Jinping," ujarnya.

"Saya menawarkan apabila diperlukan bantuan-bantuan untuk mempercepat penanganan, saya bilang Indonesia siap untuk memberikan bantuan.”

Sementara Presiden Xi Jinping meyakinkan Presiden Jokowi bahwa China akan menang dalam perang melawan epidemi virus corona, sambil memenuhi tujuan pembangunan sosial dan ekonomi.

"Kami memiliki kemampuan dan kepercayaan diri tidak hanya untuk mengalahkan epidemi, tetapi juga akan memenuhi tujuan dan tugas yang direncanakan untuk pembangunan ekonomi dan sosial. Saya percaya China akan lebih makmur setelah mengatasi epidemi ini," katanya kepada Jokowi seperti disiarkan Bloomberg yang mengutip Xinhua.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, hingga Rabu, jumlah orang yang terinfeksi virus corona sudah mencapai 43.103.(Okz)

Baca Juga: China Percaya Kemitraannya dengan Indonesia Tak Terganggu Wabah Virus Corona

Baca Juga: Peringati Hubungan Diplomatik, Kedubes Australia Luncurkan Situs Web "70 Tahun, 70 Cerita"

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner