Sport

Gilas Persija, Persebaya Rebut Piala Gubernur Jatim

apahabar.com, SIDOARJO – Persebaya Surabaya akhirnya merebut juara Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim). Setelah di partai…

Featured-Image
Duel Persebaya vs Persija di Final Piala Gubernur Jatim. Persebaya menang dengan skor 4-1. Foto-Instagram

bakabar.com, SIDOARJO – Persebaya Surabaya akhirnya merebut juara Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim). Setelah di partai pamungkas menggilas Persija 4-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2) sore.

Pada laga ini Green Force, julukan Persebaya, tampil menekan sejak menit awal. Tak ayal, gol cepat mereka hadirkan ketika laga baru berjalan empat menit.

Berawal dari umpan silang Alwi Slamet yang tak mampu dihalau dengan baik barisan belakang Persija, bola mengarah ke Makan Konate.

Konate yang berdiri di sisi kanan kotak penalti Persebaya melepas umpan ke depan gawang. Bola berhasil disambar oleh Oktafianus Fernando untuk menggetarkan jala Shahar Ginanjar.

Tertinggal, Macan Kemayoran berupaya tampil lebih tenang untuk menguasai pertandingan. Mereka punya peluang di menit ke-7.

Riko Simanjuntak berhasil menusuk hingga kotak penalti Persebaya. Namun sepakannya masih melebar ke kiri gawang Rivky Mokodompit.

Di menit ke-15, Persebaya hampir saja menggandakan kedudukan. Umpan Mahmoud Eid meloloskan David da Silva dari pengawalan pemain Persija.

Berdiri dalam posisi bebas, tembakan pemain asal Brasil ini masih mampu ditepis oleh Shahar.

Memasuki pertengahan babak pertama, laga mulai memanas. Duel-duel keras antar pemain kedua tim tak terhindarkan.

Petaka menimpa Persija ketika di menit ke-33 usai Ryuji Utomo mendapatkan kartu merah langsung dari wasit. Ia yang menjadi orang terakhir di lini pertahanan Persija dianggap melakukan pelanggaran terhadap David da Silva.

Unggul jumlah pemain, Persebaya mendominasi laga di akhir babak pertama. Di menit ke-40, David da Silva melepas sepakan keras dari luar kotak penalti, tapi upayanya hanya menerpa mistar.

Terus ditekan, Persija justru mampu mencuri gol penyama kedudukan di menit ke-44. Marko Simic mencatatkan namanya di papan skor lewat sundulan memanfaatkan sepak pojok dari Riko.

Di babak kedua, pertandingan semakin menarik. Persebaya mengembalikan keunggulan di menit ke-53. Menerima umpan dari Hambali Tolib, Konate melepas sepakan dari dalam kotak penalti yang gagal diredam Shahar. Skor berubah 2-1 untuk Persebaya.

Tiga menit berselang, skuat asuhan Aji Santoso mampu menambah gol. Tusukan Irfan Jaya menemui Ricky Kambuaya. Usaha pertama Ricky berhasil diblok, tapi bola liar kembali disambarnya untuk membuat Persebaya unggul 3-1.

Persija yang berusaha bangkit, memasukan Marc Klok dan Heri Susanto untuk meningkatkan daya serang. Di menit ke-75, Simic hampir saja kembali mencetak gol lewat sundulan, tapi bola masih mampu ditepis Rivky.

Mahmoud Eid membuat Persebaya menjauh di menit ke-80. Ia melepas sepakan ke tiang dekat setelah mendapat umpan dari Irfan.Tembakannya sempat membentur tiang sebelum bergulir masuk ke gawang Persija. Skor 4-1 untuk Persebaya bertahan hingga laga tuntas.(dts)

Susunan Pemain Persebaya Vs Persija

Persebaya Surabaya: Rivky Mokodompit, Arief Satria, Rizky Rido, M Syaifudin, Ricky Kambuaya, Alwi Slamet, Oktafianus Fernando, Makan Konate, Hambali Tolib, David Da Silva, Mahmoud Eid

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar, Marco Motta, Maman Abdurahman, Ryuji Utomo, Adrianus Dwiki (Novri Setiawan 11′), Tony Sucipto, Sandi Sute, Rohit Chand, Evan Dimas (Alfath Fathier 34′) , Riko Simanjutak, Marko Simic

Baca Juga: Singkirkan Arema, Persebaya Tantang Persija di Final Gubernur Jatim

Baca Juga: Barito Putera Terima Tantangan Arema

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner