Tak Berkategori

Kemenag Imbau Umat Muslim Lakukan Salat Gerhana Matahari

apahabar.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Tarmizi mengimbau kepada umat Islam di…

Featured-Image
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. Foto-Net

bakabar.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Tarmizi mengimbau kepada umat Islam di Indonesia untuk mengadakan salat gerhana matahari pada Kamis (26/12).

"Muslim Indonesia diimbau melakukan salat sunnah gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad dalam pelaksanaan salat gerhana," kata Tarmizi melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (24/12).

Tarmizi mengemukakan umat Islam dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya, serta mendoakan keselamatan bangsa dan negara.

Dikutip dari Kompas.com, Salat Kusuf atau Salat Gerhana Matahari dilakukan dengan dua rakaat dengan rangkaian sebagai berikut:

  1. Berniat di dalam hati
  2. Takbiratul ihram seperti salat biasa
  3. Membacadoa iftitah dan berta'awudz, kemudian membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat yang panjang dengan di-jahr-kan (diperdengarkan) suaranya
  4. Ruku'
  5. Bangkit dari ruku' (i'tidal)
  6. Setelah I'tidal tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat yang panjang (berdiri yang kedua lebih singkat dari pertama)
  7. Ruku' kembali (ruku' kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku' sebelumnya
  8. Bangkit dari ruku' (I'tidal)
  9. Sujud yang panjangnya sebagaimana ruku', lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali
  10. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka'at kedua sebagaimana raka'at pertama (bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya)
  11. Tasyahud
  12. Salam.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian akan terjadi pada Kamis (26/12) mulai pukul 10.34 WIB di Indonesia.

Gerhana dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia. Puncak gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 12.17 WIB dan akan berakhir pada pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Upayakan Keamanan Sistem Jaringan di Haul Sekumpul, PLN: Masyarakat dan Relawan Harap Lapor

Baca Juga: Milad ke 107 Muhammadiyah; 50 Anak di Kotabaru 'Potong Burung'

Sumber: Antara/Kompas.com
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner