Nasional

Heli Bawa Teknisi Tower BTS Ditembak di Papua, Pelaku Diduga KKB

apahabar.com, TIMIKA – Helikopter jenis Bell 206 milik PT Intan Angkasa Air Service dengan register PK-IWD…

Featured-Image
Ilustrasi helikopter jenis Bell 206 milik PT Intan Angkasa Air Service. Foto – harianaceh.co,id

bakabar.com, TIMIKA - Helikopter jenis Bell 206 milik PT Intan Angkasa Air Service dengan register PK-IWD ditembak orang tak dikenal (OTK) di sekitar Kampung Olenki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (16/10) sekitar Pukul 09.20 WIT.

Heli itu diketahui membawa teknisi pembangunan tower BTS proyek Palapa Ring di wilayah itu.

Diduga heli tersebut ditembak di seputar Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga, saat hendak balik menuju PT MTT (HPP). Heli itu diterbangkan pilot Dan Cristian Munteanu dan satu penumpang bernama Agung Dedi Hidayat.

Namun, pada pukul 09.56 WIT, di sekitar Kampung Olenki, heli ditembak oleh KKB sebanyak tiga kali. Tembakan itu mengakibatkan pintu bawah sebelah kiri dan kaca heli bolong.

Meski ditembak, heli terus terbang dan pada pukul 10.05 WIT heli tiba di Jalan Ilaga Gome. Pilot beserta penumpang dibawa ke Mapolsek terdekat untuk melaporkan ke polisi.

Kepala Urusan Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ilaga, Herman Sujito, saat dimintai konfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Herman menyatakan penembakan terjadi jauh dari Bandara Ilaga dan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

“Iya benar, ada penembakan tadi pagi, iya ada bekas pecah bagian depan, tapi tidak ada korban,” Kata Herman, seperti dikutip dari detik.com.

Ia menambahkan saat ini pesawat tengah berada di Enarotali, dan rencana akan dievakuasi ke Timika. Herman juga membenarkan penumpang yang diangkut merupakan teknisitowerjaringan.

“Pesawat ini membawa pekerja BTS untuk Ring Palapa Timur, program Jokowi,” ucap Herman.

Sementara itu Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, saat ini tim gabungan TNI-Polri masih melakukan penyelidikan. Sementara pilot dan penumpang setelah pemeriksaan, kemudian berangkat menuju Timika, Kabupaten Mimika menggunakan helikopter yang ditembak guna dilakukan perbaikan.

Menurut Polda Papua, pelaku penembakan adalah kelompok bersenjata yang selama ini melakukan tindakan kriminal di wilayah tersebut. "Diperkirakan pelaku penembakan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen," kata Kombes Pol Kamal.

Baca Juga: Sosok Emen, Buruh Pembunuh PSK Online Gara-Gara Tisu Magic

Baca Juga: Kirim Karangan Bunga ke Wiranto, Ini Kata Kivlan Zen

Sumber: Detik.com
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner