Tak Berkategori

Kemenkes Bocorkan Tips Sehat Selama Berhaji

apahabar.com, JAKARTA – Cuaca panas sedang melanda Tanah Suci. Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan tips…

Featured-Image
Ilustrasi, calon jemaah haji.Foto-Media Indonesia

bakabar.com, JAKARTA – Cuaca panas sedang melanda Tanah Suci. Untuk itu,
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan tips untuk Calon Jemaah Haji (CJH) agar selalu sehat.

Sekretaris Jendral Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan, ketika jemaah mengalami kekurangan cairan yang begitu banyak harus diimbangi dengan sering banyak minum air putih terutama air zam-zam.

“Kalau sudah dehidrasi sering minum air. Jadi jangan menunggu haus,” katanya seperti dilansir Ihram.co.id, Jumat (5/7/2019).

Selain itu, jemaah juga harus sering menyemprotkan water spray ke wajah ketika sedang melakukan perjalanan keluar. Water spray juga harus diisi dengan air yang bisa diminum.

“Selain untuk diminun water spray untuk menyegarkan wajah.”

Selain itu yang paling penting jemaah harus menjaga adab. Misalnya ketika bersin harus menutup hidung dan mulut, demi mencegah terjadinya penularan penyakit kepada orang lain.

“Jadi, tentunya kebiasan menutup hidung dan mulut ketika bersih sangat dipentingkan di sana.”

Demi menjaga kesehatan, jemaah harus mengurangi aktivitas yang tidak perlu sepeti berada di tempat yang berdesak-desakan dan mendekati unta. Tidak mendekat dengan unta itu demi terhindar dari virus MERS-CoV.

“Kita cegah lebih awal. Karena unta dan prodak yang berbau unta itu memang menjadi tempat penularan penyakit MERS-CoV,” katanya.

Jemaah diminta segera melaporkan dan memeriksakan kesehatannya kepada petugas tim kesehatan haji Indonesia (TKHI), ketika mengalami ganguan kesehatan.

“Sekali lagi petugas TKHI yang ada di sana siap membantu mendampingi dan siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada jamaah,” pungkasnya.

Baca Juga: MUI Kalsel Angkat Bicara Soal Kisruh Pernikahan Sedarah

Baca Juga: Mengenal Adit, Calon Jamaah Haji Termuda Asal Banjarmasin

sumber: ihram.co.id
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner